Share Artikel

Share on facebook
Facebook
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram
Share on twitter
Twitter
Share on email
Email

Kumpulan Cerita Pendek Hari Natal Untuk Anak dan Remaja

Pembaca, saya punya hadiah Natal awal untuk Anda hari ini! Saya telah menghabiskan beberapa hari terakhir mengumpulkan beberapa cerita pendek hari Natal klasik terbaik dan paling terkenal oleh penulis seperti The Brothers Grimm atau Margery Williams. Dengan Natal yang tinggal beberapa hari lagi, mengapa tidak menghentikan bacaan rutin Anda dan menikmati satu atau dua cerita pendek hari natal?

Beberapa penulis dalam daftar ini mungkin mengejutkan Anda, seperti yang mereka lakukan kepada saya.

cerita pendek hari natal

Ada juga berbagai “pengambilan” tentang Natal dalam cerita-cerita ini, dari yang lucu hingga yang fantastik, yang serius hingga yang manis. Anda dapat membaca cerita Natal ini secara online secara gratis, mencetaknya, atau mengunduhnya secara gratis ke e-reader Anda. Beberapa termasuk ilustrasi juga! Jika Anda lebih suka mendengarkan, Anda juga akan menemukan tautan ke versi audio, jika tersedia.

Manjakan diri Anda dengan membaca api unggun dan tangkap semangat liburan dengan sedikit cerita kuno dari masa lalu Natal.

Apa Itu Cerita Pendek?

Cerpen adalah karya fiksi prosa mandiri yang berfungsi untuk menyampaikan pesan moral, mengabadikan momen, atau membangkitkan suasana hati tertentu. Cerita pendek seringkali lebih terfokus, karena semua elemen di dalamnya—plot, karakter, tempo, struktur cerita, dan sebagainya—harus bekerja sama menuju tujuan bersama ini.

Berapa Banyak Kata Dalam Sebuah Cerita Pendek?

Sebuah cerita pendek yang khas memiliki jumlah kata antara 1.000 kata hingga 5.000 kata, meskipun, seperti biasa, ada pengecualian untuk aturan tersebut. Fiksi kilat adalah bentuk tulisan kreatif yang hanya terdiri dari lima kata, sementara ada area abu-abu antara cerita pendek dan novel (biasanya 30.000 kata atau lebih).

7 Jenis Cerpen yang Berbeda

Ada beberapa jenis cerita pendek, masing-masing dengan karakteristiknya sendiri yang berbeda.

  1. Anekdot : Sebuah catatan singkat tentang sesuatu yang menarik dan sering kali lucu yang tujuannya adalah untuk mendukung suatu poin. Mereka berfungsi seperti perumpamaan: narasi pendek dengan pelajaran moral inti.
  2. Drabble : Sebuah cerita pendek sekitar 100 kata yang tujuan utamanya adalah untuk menguji kemampuan penulis, baik dalam prosa maupun dalam berhasil mendapatkan poin yang bermakna dalam beberapa kata.
  3. Feghoot : Sebuah cerita pendek lucu yang berakhir dengan permainan kata-kata.
  4. Fabel : Sebuah cerita pendek yang menampilkan makhluk-makhluk antropomorfik, biasanya binatang, yang narasinya mengungkapkan semacam poin moral di bagian akhir. (Catatan: meskipun sebuah perumpamaan memiliki fungsi yang sama, perumpamaan itu tidak menggunakan binatang untuk menjelaskan maksudnya, sementara sebuah dongeng hampir selalu demikian. Fabel Aesop adalah contoh yang bagus.)
  5. Fiksi flash atau fiksi mikro : Fiksi flash atau fiksi mikro mengacu pada cerita yang lebih pendek dari 1.000 kata. Salah satu contoh paling terkenal dari bentuknya adalah cerita pendek berikut, yang sering dikaitkan dengan Ernest Hemingway: “Dijual: sepatu bayi, tidak pernah dipakai.”
  6. Sketsa : Sepotong tulisan yang biasanya tidak berisi plot. Sebaliknya, inti dari sketsa adalah untuk menerangi karakter, latar, atau lokasi tertentu.
  7. Vignette : Sebuah adegan pendek yang dapat menjadi bagian dari tubuh yang lebih besar dari pekerjaan. Inti dari vignette adalah untuk menangkap satu momen atau detail tentang suatu elemen dalam cerita, seperti karakter, ide, atau objek.

Fungsi Cerita Pendek Hari Natal

Cerita pendek bisa sama kuat dan mengharukan seperti karya fiksi yang lebih panjang; memang, beberapa orang berpendapat bahwa bentuk ini bisa lebih berdampak karena cerita pendek menyampaikan pesan utama mereka dalam satu pukulan yang beresonansi. Jika sebuah novel seperti menerangi ruangan dengan menggunakan semua lampu rumah, maka cerita pendek seperti menggunakan senter untuk menerangi sudut yang tersembunyi.

Cerita pendek juga merupakan tempat yang sangat baik untuk mengambil risiko, untuk menciptakan hal-hal yang menarik bagi Anda tetapi mungkin tidak berhasil dalam keseluruhan novel.

“Cerita pendek adalah jendela kecil ke dunia lain dan pikiran lain dan mimpi lainnya. Itu adalah perjalanan yang bisa Anda lakukan ke sisi terjauh alam semesta dan masih bisa kembali tepat waktu untuk makan malam.” (penulis cerita pendek, dan penulis buku komik Neil Gaiman)

Cerita Pendek Bertema Hari Natal

Peri dan Pembuat Sepatu oleh The Brothers Grimm

Seorang pembuat sepatu yang malang dan istrinya harus berjuang mati-matian ketika nasib mereka berubah berkat bantuan para elf berbakat. Baca lebih lanjut cerita pendek bertema hari natal.

Kelinci Velveteen oleh Margery Williams

” Ketika seorang anak mencintaimu untuk waktu yang sangat lama, bukan hanya untuk bermain-main, tetapi BENAR-BENAR mencintaimu, maka kamu menjadi Nyata. ” Baca selengkapnya cerita pendek bertema hari natal di sini.

Cerita Pendek Menyambut Hari Natal

Malam Natal Jane

Bercerita tentang kehidupan Jane dan teman-temannya yang sedang berkumpul di gereja dan membicarakan tradisi keluarganya dalam menyambut natal.

Gadis Penjual Korek Api

Cerita yang ditulis oleh Hans Christian Anderson ini merupakan salah satu kisah yang mengharukan pada malam menjelang Natal. Gadis ini sudah kehilangan orang tua dan neneknya dengan hidup yang sederhana. Kerjanya setiap hari yaitu menjual korek api.

Cerita Pendek Hari Natal Anak

Kisah Kelahiran Yesus

Menceritakan awal mula kelahiran Yesus lahir di muka bumi. Sebagai pemahaman untuk anak-anak untuk lebih mengenal sosok Yesus. Disamping untuk mengambil hikmah dan pelajaran didalamnya.

Santa Tidak Lupa

Cerita ini tentang seorang anak laki-laki yang tinggal bersama ayah dan ibunya. Dia baik dan patuh dan berbagi semua mainannya dengan teman-temannya. Namun, dia melakukan kesalahan: dia selalu lupa melakukan pekerjaan sampingan dan pekerjaan penting lainnya yang diminta untuk dia lakukan.

Hadiah dari Magi

‘The Gift of the Magi ‘ adalah seorang penulis Amerika ‘O. Henry’, yang menjadi salah satu cerita Natal terkenal untuk Anak-anak. Henry ‘, pertama kali diterbitkan pada tahun 1905. Kisah ini tentang pasangan muda, Jim dan Della, miskin tetapi sangat mencintai.

‘Ekspres Kutub (The Polar Express )’

‘ The Polar Express ‘ adalah buku anak-anak yang ditulis oleh Chris Van Allsburg. Kisah ini dianggap sebagai kisah Natal klasik untuk anak-anak.

Hadiah Natal Susy

Cerita tentang Susy, si gadis kecil berambut emas dan hadiah natalnya.

A Turkey For One – Ditulis oleh Lavinia S. Goodwin

A little girls turkey surprise for Christmas.

Cerita Pendek Hadiah Natal

Kado Natal Untuk Natalia

Cerita romantis berbalut kondisi natal dari seorang pria yang mencintai seorang bernama Natalia. Saat itu sang pria sedang bergelut dengan segala hal dipikirannya, melingkupi kehidupan pribadi dan pendidikannya, termasuk kisah cintanya dengan Natalia.

Hadiah Natal

Sebuah cerita pendek tentang keseharian seorang anak dan orang tuanya saat menjelang hari Natal datang.

19 Rekomendasi Cerita Pendek Natal Klasik yang Dapat Anda Baca Online Gratis

Selain daftar cerita-cerita pendek natal yang dapat anda baca secara online dan gratis di sini, di bawah ini kami rekomendasikan cerita-cerita menarik lainnya. Ada 19 cerita pendek hari natal klasik yang bisa anda baca gratis di internet. Di bawah ini kami sajikan resumenya agar anda lebih dapat mempunyai gambaran isinya :

1. “Hadiah Orang Majus” oleh O. Henry

Mungkin salah satu cerita pendek Natal yang paling terkenal, ini adalah kisah pasangan muda yang sudah menikah yang sangat ingin membeli hadiah Natal yang indah untuk satu sama lain, tetapi tidak memiliki uang untuk melakukannya. Mereka masing-masing berkorban untuk saling membelikan hadiah, dan hasilnya lucu dan mengharukan.

2. “Mimpi Natal, dan Bagaimana Menjadi Kenyataan” oleh Louisa May Alcott

Alcott tampaknya memiliki cinta yang tulus untuk Natal. Dia memasukkan adegan Natal yang berkesan dalam novelnya Little Women , tetapi dia juga menulis sejumlah cerita pendek dan novel Natal. ( Anda dapat mengumpulkan semuanya menjadi satu volume di sini. ) Alcott adalah penggemar cerita Natal karya Charles Dickens, dan “A Christmas Dream” adalah versi anak-anak dari A Christmas Carol .

3. “Natal Seorang Anak di Wales” oleh Dylan Thomas

Dylan Thomas menceritakan kenangan Natal kuno dari sudut pandang seorang anak laki-laki. Thomas menggunakan keahliannya sebagai penyair untuk membuat ini menjadi cerita yang liris dan menarik.

4 . “Natal di Butte Merah” oleh LM Montgomery

Montgomery adalah seorang penulis cerita pendek yang produktif, dan dia memiliki beberapa cerita Natal dan Tahun Baru dalam daftar pustakanya. ( Empat belas dikumpulkan di sini , bersama dengan kutipan Natal dari novel Anne.) Sebuah keberangkatan dari pengaturan yang biasa di Pulau Pangeran Edward, “Natal di Butte Merah” terjadi di sebuah pondok kayu di padang rumput Saskatchewan. Theodora yang berusia enam belas tahun mengelola rumah dengan bibinya, tetapi ketika mereka berjuang untuk memenuhi kebutuhan, Theodora memutuskan untuk membuat pengorbanan besar untuk memberi sepupu mudanya selamat Natal.

5. “Pohon Natal” oleh Charles Dickens

Cerpen ini diceritakan sebagai sebuah memoar, di mana ornamen pada pohon Natal menginspirasi seorang narator tua untuk bernostalgia tentang masa kecil. Tidak ada dialog dalam hal ini, tetapi jika Anda menetap, tidak tergesa-gesa, dengan segelas eggnog, Anda akan menikmati perjalanan berkelok-kelok ke dalam memori.

6. “Sinterklas yang Diculik” oleh L. Frank Baum

Dalam kisah Natal fantasi oleh penulis The Wizard of Oz , Santa tinggal di sebuah kastil di Lembah Tertawa. Santa memiliki pembantu, tetapi dia juga memiliki musuh, dan pada malam Natal dia ditarik keluar dari giringnya oleh lima dasmon. Cerpen ini merupakan lanjutan dari novel Baum yang lebih panjang, The Life and Adventures of Santa Claus.

7. “Orang Bijaksana Lainnya” oleh Henry van Dyke

Secara tradisional, ketika kita memikirkan kisah Orang Majus dari kisah Natal, kita memikirkan tiga raja. Untuk cerita ini, van Dyke membayangkan orang bijak keempat yang merindukan pertemuan dengan raja-raja lain dan harus melakukan perjalanan untuk mengunjungi Anak Kristus sendiri. Pencarian berikut adalah kisah yang mendalam dan kaya detail.

8. “Petualangan Karbunkel Biru”  oleh Sir Arthur Conan Doyle

Ingin misteri Natal-y? Ini adalah musim liburan di London, dan ketika sebuah permata curian muncul di tempat yang sangat tidak biasa, Holmes harus menggunakan kekuatan deduksinya untuk menemukan identitas si pencuri.

9. “Natal Pencuri”  oleh Willa Cather

Ditulis dengan nama pena Elizabeth L. Seymour, cerita Cather adalah menceritakan kembali perumpamaan anak yang hilang, diatur di Chicago pada Malam Natal. Cather memulai sebagai penulis puisi dan cerita pendek; dia menerbitkan “The Burglar’s Christmas” ketika dia berusia 23 tahun, 15 tahun yang baik sebelum novel pertamanya.

10. “Penjahit Gloucester” oleh Beatrix Potter

Penjahit Gloucester sedang membuat rompi yang indah untuk pernikahan Walikota, yang akan diadakan “pada hari Natal di pagi hari.” Sayangnya, mantel itu mungkin tidak selesai tepat waktu, berkat kucing pendendam!

11. “Gadis Kecil yang Cocok” oleh Hans Christian Andersen

Kisah ini tentang seorang gadis miskin yang berusaha mendapatkan beberapa sen pada Malam Tahun Baru dengan menjual korek api di jalanan. Saat malam semakin larut, dia mulai membuat korek api untuk dirinya sendiri, menangkap sekilas kehangatan dan kenyamanan saat dia melakukannya. Meskipun ini adalah kisah Natal “tragis” yang terkenal, Andersen melihatnya sebagai akhir yang bahagia.

12. “Nutcracker and Mouse King” oleh ETA Hoffmann

Kisah nutcracker asli gelap dan fantastis. Faktanya, cerita yang kita kenal sekarang—dari buku bergambar dan balet—berdasarkan adaptasi Alexandre Dumas dari aslinya. Adaptasi Dumas lebih ringan dan manis. Tetapi jika Anda ingin cerita penuh dan dramatis, bacalah Hoffman!

13. “Natal di Thompson Hall” oleh Anthony Trollope

Jika Anda lebih suka santapan Natal yang lucu dan ringan, bacalah kisah ini tentang seorang wanita Inggris yang tinggal di luar negeri di Paris, yang sangat ingin kembali ke rumah leluhurnya tepat pada waktunya untuk Natal. Kisah ini termasuk dalam koleksi bersampul bagus sebagai bagian dari seri Klasik Natal Penguin.

14. “Surat Dari Sinterklas” oleh Mark Twain

Surat manis dan sederhana ini ditulis oleh Twain kepada putrinya yang berusia 3 tahun. Jika Anda pernah memiliki orang tua atau kerabat yang bermain Sinterklas–bahkan mungkin menulis surat kepada Anda sebagai Sinterklas–sangat menyenangkan membayangkan Twain sebagai orang tua yang menjalankan tradisi ini seratus tahun yang lalu.

15. “Natal Lama” oleh Washington Irving

Charles Dickens mendapat banyak pujian karena “menciptakan” Natal modern. Tetapi setiap penulis mendapatkan inspirasi mereka dari suatu tempat, dan Dickens mendapat banyak inspirasi dari Washington Irving. Sketsa Natal Irving menggambarkan liburan yang meriah dan penuh pesta di Yorkshire di perkebunan Squire Bracebridge, pendahulu pesta Fezziwig di A Christmas Carol.

16. “The Dead” oleh James Joyce

Di Dublin, Irlandia, sekelompok teman dan kerabat berkumpul untuk pesta Malam Keduabelas tahunan. Melalui malam panjang yang penuh kegembiraan, momen canggung, dan tambal sulam percakapan, Joyce membawa karakternya ke berbagai pencerahan, besar dan kecil.

17. “Kenangan Natal” oleh Truman Capote

Memoar pendek ini didasarkan pada tradisi Natal masa kecil Capote, yang ia nikmati bersama sepupunya yang sudah lanjut usia di pedesaan Alabama.

18. “A Country Christmas” oleh Louisa May Alcott

Alcott menulis begitu banyak cerita Natal sehingga saya tidak bisa menahan diri untuk tidak membagikan cerita lainnya. Dalam cerita ini, gadis kota Sophie dan Emily memilih Natal yang lebih “pedesaan” ketika mereka mengunjungi sepupu Sophie di Vermont. Sementara “A Christmas Dream” ditulis untuk audiens muda, yang ini untuk pembaca yang lebih tua, lebih sesuai dengan Little Women .

19. “Di Mana Ada Cinta, Di Situ Juga Ada Tuhan” oleh Leo Tolstoy

Dengan tema cinta dan kemurahan hati, kisah musim dingin Tolstoy cocok dibaca untuk Natal. Ini menceritakan kisah Martuin si tukang sepatu, seorang pria yang lelah dengan kesedihan yang akhirnya menemukan harapan dan tujuan.

Progress Baca Artikel