Daftar Hari Libur Nasional Lengkap Setiap Tahun dan Penjabarannya

Hari libur nasional yang ditandai tanggal merah biasanya diisi dengan berbagai kegiatan yang sukar dilakukan dalam keseharian. Anda bisa memaanfaatkan berbagai macam hari libur di indonesia yang resmi diberikan pemerintah di setiap tahunnya.

Libur yang diberlakukan pemerintah Indonesia melalui SKB Menteri maupun keputusan presiden tentang cuti bersama, bisa terdiri dari banyak faktor penyusun. Pada saat moment pilkada, biasanya diberikan Libur pilkada juga.

Berbagai Hari Raya sebagai Hari Libur Nasional di Indonesia

Diantara berbagai daftar hari libur dan tanggal merah nasional, selalu ada hari raya nasional untuk setiap agama di Indonesia. Sehingga kadang pemerintah melakukan perubahan hari libur dan cuti bersama, sempat terjadi di 2021. Bahkan perlu sampai mengerbitkan SKB cuti bersama (SKB libur nasional).

hari libur
Ilustrasi Tanggal Merah dan Hari Libur Nasional (webandi/Pixabay)

Belum diketahui apakah akan ada perubahan lagi untuk jadwal libur dan cuti bersama tahun depan. Namun kamu sudah bisa melihat jadwal hari libur nasional 2022 di liburnasional.net.

Berbagai Tanggal merah indonesia yang digunakan sebagai hari libur nasional indonesia (libur hari raya nasional) sampai saat ini terdiri dari :

  1. Tahun baru atau tahun baru masehi. Pada malam tahun baru kamu bisa memanfaatkannya sebagai saat liburan. Kalau kamu penasan, kamu bisa cari tahu juga sejarah tahun baru masehi itu di web ini.
  2. Tahun baru imlek. Imlek merupakan salah satu tanggal merah yang dapat kamu temui di kalender nasional. Libur di Hari raya imlek bisa kamu gunakan untuk berkumpul dengan keluarga atau pergi berlibur. Kapan hari raya imlek dirayakan tiap tahunnya? kamu juga bila langsung cek ke sini.
  3. Isra miraj. Hari isra miraj adalah salah satu tanggal merah yang diberikan pemerintah untuk memperingati perayaan yang dilakukan oleh orang islam.
  4. Nyepi. Hari raya nyepi adalah hari suci hindu. Perayaan selalu pada saat tahun baru saka.
  5. Hari jumat agung, yang biasanya dilakukan sebelum hari raya Paskah.
  6. Hari buruh nasional. Walaupun baru beberapa tahun ditetapkan sebagai tanggal merah dalam libur nasional, namun cukup untuk menambah jadwal liburan kamu.
  7. Hari kenaikan isa almasih. Ini adalah hari raya memperingati kematian yesus kristus selama tiga hari dan bangkit kembali. Biasa diiringi dengan ucapan kenaikan isa almasih (yesus kristus) sesama yang merayakan.
  8. Idul fitri. Hari raya ini disertai dengan surat edaran cuti bersama di setiap tahunnya. Setelah melakukan sholat idul fitri, umat muslim saling memberi selamat idul fitri dengan ucapan hari raya idul fitri atau mengirim kartu ucapan idul fitri.

Bagi para karyawan dan PNS juga mendapatkan jatah libur lebaran pns dan karyawan, sesuai peraturan depnaker tentang hari libur nasional.

  1. Waisak. hari raya waisak adalah perayaan umat budha atas terjadinya 3 hal dalam hidup Sidarta Gautama. Dalam merayakannya, umat budha saling memberi ucapan waisak kepada sesama yang merayakan.
  2. Pancasila sakti. Ini adalah hari hari lahir pancasila. Bangsa Indonesia merayakan dengan saling memberi selamat hari lahir pancasila. Hari ini juga diabadikan dengan dibangunnya monumen pancasila sakti.
  3. Idul adha. Hari raya idul adha adalah hari memperingati cerita Nabi Ibrahim dan putranya Ismail. Diawali dengan pelaksanaan sholat idul adha, dilanjutkan dengan pelaksanaan kurban untuk dibagikan ke kaum yang membutuhkan.
  4. Tahun baru hijriah (tahun baru islam) yang jatuh di 1 Muharram adalah tahun baru umat islam mengikuti kalender hijriah. Dalam budaya jawa biasa disebut dengan 1 suro.
  5. Hari kemerdekaan RI. Selalu dirayakan setiap 17 agustus oleh bangsa Indonesia untuk memperingati hari kemerdekaan indonesia setelah dalam 3,5 abad dijajah oleh belanda dan sekutunya.
  6. Maulid nabi muhammad. Setiap tahun tanggal maulid nabi selalu berubah karena mengikuti perhitungan kalender hijriah.
  7. Hari natal. Hari raya natal adalah satu libur hari raya yang ditunggu. Selain berdekatan dengan tahun baru, juga biasanya diberikan cuti bersama. Diiringi dengan berbagai alunan lirik lagu hari natal telah tiba dan saling memberi selamat antar umat kristiani, membuat suasana natal semakin ceria.

Web libur nasional selain memberikan informasi tentang hari libur, juga menyediakan kalender lengkap hari libur.