Daftar Hari Libur Nasional dan Cuti Bersama Terbaru 2021

Daftar Hari Libur Nasional terbaru dan Akhir 2021 yang direvisi

Pemerintah secara resmi telah mengubah hari libur nasional atau hari libur indonesia dan juga Cuti Bersama pada tahun 2021 ini. Langkah tersebut adalah upaya yang diambil pemerintah untuk menekan laju pergerakan masyarakat, dalam rangka menekan jumlah kasus Covid-19.

Perubahan hari libur dan cuti bersama 2021 diatur melalui Surat Keputusan Bersama (SKB) Menteri Agama (Menag), Menteri Tenaga Kerja (Menaker) dan Menteri PANRB. Birokrasi (PANRB) No. 712/2021 1/2021, no. 3/2021 tentang Perubahan Kedua Atas Keputusan Bersama Menteri Agama, Menteri Tenaga Kerja, Menteri PANRB No. 642 2020, Edisi 4/2020, Edisi 4/2020 terkait dengan hari libur nasional dan Hari Libur 2021.

hari libur nasional
Libur Nasional dan Cuti Bersama

“Pemerintah telah memutuskan untuk mengubah dua hari libur nasional dan membatalkan satu,” kata Menteri Koordinator Kebudayaan dan Pembangunan Manusia (Menko PMK) Muhadjir Effendy, Jumat (18 Juni). 2021). Registrasi e-mail Memberikan informasi resmi, perubahan hari libur terjadi dalam rangka Tahun Baru Islam 1443 Hijriah dan Maulid Nabi Muhammad SAW.

Sementara itu, penghapusan hari libur kolektif terjadi pada saat libur Natal. Baca juga: Disebut PNS Sederajat, Berapa Gaji PPPK? Perubahan dan pengurangan libur tahun baru Hijriah 1443 yang semula jatuh pada 10 Agustus diubah menjadi 11 Agustus. Selanjutnya, Hari Raya Kelahiran Nabi Muhammad SAW yang jatuh pada 19 Oktober diubah menjadi 20 Oktober. Sedangkan pencabutan hak cuti bersama terjadi pada saat libur Natal 24 Desember 2021.

Daftar Libur Nasional

Dengan adanya perubahan dari pemerintah terkait libur nasional yang otomatis merubah susunan tanggal merah Indonesia. Dan dicabutnya daftar hari libur bersama mempengaruhi libur hari raya nasional. Berikut daftar hari libur secara nasional yang terbaru:

Hari Libur Tahun Baru Masehi

1 Januari: Tahun Baru 2021 Masehi

Tahun baru ialah satu perayaan di mana satu budaya rayakan usainya periode setahun dan mengidentifikasi diawalinya perhitungan tahun seterusnya. Budaya yang memiliki kalender tahunan semua memiliki perayaan tahun baru. Hari tahun baru di Indonesia jatuh di tanggal 1 Januari karena Indonesia adopsi kalender Gregorian, sama dengan sebagian besar beberapa negara di dunia.

Perayaan tahun baru awalannya ada di Timur tengah, 2000 SM. Warga Mesopotamia rayakan penggantian tahun saat matahari pas ada di atas katulistiwa, atau persisnya 20 Maret. Sampai sekarang, Iran masih rayakan tahun baru di tanggal 20, 21, atau 22 Maret, yang disebutkan Nowruz.

Untuk penanggalan Masehi, Tahun Baru pertama kalinya dirayakan di tanggal 1 Januari 45 SM. Sesaat sesudah Julius Caesar dikukuhkan sebagai kaisar Roma, dia memilih untuk menukar penanggalan tradisionil Romawi yang sudah dibuat semenjak era ke-7 SM. Dalam membuat desain kalender baru ini, Julius Caesar ditolong oleh Sosigenes, seorang pakar astronomi dari Iskandariyah, yang merekomendasikan supaya penanggalan baru itu dibikin dengan ikuti revolusi matahari, seperti yang sudah dilakukan beberapa orang Mesir.

Setahun dalam penanggalan baru itu dihitung sekitar 365 seperempat hari dan Caesar menambah 67 hari di tahun 45 SM hingga tahun 46 SM diawali pada 1 Januari. Caesar memerintah supaya tiap 4 tahun, sehari dipertambah ke bulan Februari, yang teoretis dapat menghindar penyelewengan dalam kalender baru ini. Sesaat saat sebelum Caesar terbunuh di tahun 44 SM, ia mengganti nama bulan Quintilis dengan namanya, yakni Julius atau Juli. Selanjutnya, nama bulan Sextilis ditukar bernama alternatif Julius Caesar, Kaisar Augustus, jadi bulan Agustus.

Hari Libur Tahun Baru Imlek

12 Februari: Tahun Baru Imlek 2572 Kongzii

Tahun Baru Imlek sebagai perayaan paling penting orang Tionghoa. Perayaan tahun baru imlek diawali pada hari awal bulan awal (Hanzi: 正月; pinyin: zhēng yuè) di penanggalan Tionghoa dan usai dengan Cap Go Meh di tanggal ke-15 (di saat bulan purnama). Malam tahun baru imlek dikenali sebagai Chúxī 除夕 yang memiliki arti “malam penggantian tahun”.

Kalender suryacandra Tionghoa tentukan tanggal tahun baru Imlek. Kalender itu dipakai di beberapa negara yang sudah mengusung atau sudah dikuasai oleh budaya Han (khususnya di Korea, Jepang, dan Vietnam) dan kemungkinan mempunyai asal yang sama dengan perayaan Tahun Baru di luar Asia Timur (seperti Iran, dan pada jaman jaman dulu, dataran Bulgar).

Dalam kalender Gregorian, tahun baru Imlek jatuh di tanggal yang lain tiap tahunnya, di antara tanggal 21 Januari sampai 20 Februari. Dalam kalender Tionghoa, titik balik mentari musim dingin harus terjadi di bulan 11, yang memiliki arti tahun baru Imlek umumnya jatuh di bulan baru ke-2 sesudah titik balik mentari musim dingin (dan terkadang yang ke-3 bila di tahun itu ada bulan kabisat). Di budaya tradisionil di Tiongkok, lichun ialah waktu solar yang mengidentifikasi diawalinya musim semi, yang terjadi sekitaran 4 Februari.

11 Maret: Isra Miraj Nabi Muhammad SAW

14 Maret: Hari Raya Nyepi Tahun Baru Saka 1943

2 April: Wafat Isa Al Masih 1 Mei: Hari Buruh Internasional

13 Mei Kenaikan Isa Al Masih 13-14 Mei: Hari Raya Idul Fitri 1442 Hijriah

26 Mei: Hari Raya Waisak 2565

1 Juni: Hari Lahir Pancasila

20 Juli: Hari Raya Idul Adha 1442 Hijriah

11 Agustus: Tahun Baru Islam 1443 Hijriah

17 Agustus: Hari Kemerdekaan Republik Indonesia

20 Oktober: Maulid Nabi Muhammad SAW

25 Desember: Hari Raya Natal Cuti bersama 12 Mei: Hari Raya Idul Fitri 1442 Hijriah