Cerita Pendek Hari Natal Anak Terbaru

Cerita Pendek Hari Natal Anak 2021

Kumpulan Cerita pendek hari natal anak 2021 – Kisah Natal bisa dibagikan lewat sebuah cerita sederhana yang bisa dimengerti oleh anak-anak. Cerita tersebut mengangkat inti sari dari momen yang diperingati setiap tanggal 25 Desember tersebut.

Cerita Natal tentang sebuah kisah penuh empati dan bagaimana menterjemahkan hal tersebut agar bisa diterima oleh anak-anak. Gambaran kesederhanaan, dan saling berbagi bisa menjadi gaya hidup yang harus dikembangkan.

Kami sangat percaya bahwa cerita pendek hari natal anak sangat penting bagi anak-anak kecil untuk memiliki kesempatan untuk memiliki keterampilan berimajinasi. Salah satu alasan kami sangat mempromosikan ini adalah karena cara mengembangkan imajinasi dan pemikiran kreatif adalah melalui cerita Natal yang bagus untuk anak-anak.

Kreativitas dan imajinasi adalah keterampilan tingkat tinggi di otak. Penting bagi kita untuk memberikan kesempatan kepada semua anak kita untuk mengembangkan keterampilan ini. Pikirkan di mana kita akan berada tanpa orang-orang dengan kemampuan membayangkan kemungkinan baru. Oleh karena itu, di  Natal ini akan memberikan Anda cerita Natal klasik pilihan terbaik untuk dinikmati anak-anak di malam sebelum Malam Natal!

Berikut Adalah Kumpulan Cerita Natal 2021 Untuk Anak

Kisah Kelahiran Yesus – Cerita Natal Klasik untuk Anak

Natal adalah kesempatan yang sempurna untuk menceritakan kisah kelahiran Yesus. Kali ini dalam cerita pendek hari natal anak menceritakan seorang wanita muda bernama Maria. Dia tinggal di sebuah kota bernama Nazaret dan bertunangan dengan seorang pria bernama Yusuf. Suatu malam, Tuhan mengirim seorang malaikat bernama Gabriel untuk mengunjungi Maria. Malaikat itu memberi tahu Maria: “Tuhan sangat senang denganmu dan kamu akan segera hamil dan memiliki bayi laki-laki. Beri dia nama Yesus karena dia akan menjadi anak Allah sendiri. “Mary takut tetapi percaya pada Tuhan dan percaya semuanya akan baik-baik saja. Malaikat memberitahu Maria untuk tinggal bersama sepupunya Elizabeth dan suaminya Zakharia karena mereka akan segera menjadi orang tua dari seorang anak yang akan membuka jalan bagi Yesus Maria tinggal bersama sepupunya selama tiga bulan dan kemudian kembali ke Nazaret.

Cerita Pendek Hari Natal Anak

Beberapa waktu kemudian, Yusuf dan Maria harus pergi ke Betlehem, jauh dari Nazaret. Bayi-bayi Mary akan segera lahir sehingga mereka sangat lambat. Ketika mereka tiba di Betlehem, mereka tidak memiliki tempat tinggal karena semua penginapan dan kamar sudah terisi. Pasangan itu berada di lumbung, seekor kambing dan seekor kuda, dan pada malam itu juga Yesus lahir. Yesus ditempatkan di palungan (tempat makan) setelah lahir dan dibungkus dengan kain.

Di pinggiran Betlehem, para gembala mereka melihat seorang malaikat muncul di hadapan mereka. Malaikat itu berkata kepada mereka: “Mesiasmu lahir di Betlehem hari ini. Dia terbaring di palungan”. Ketika para gembala berlari kembali untuk menemukan Yusuf, Maria, dan Yesus di lumbung, mereka terkejut dan bahagia.

Pada saat kelahiran Yesus, sebuah bintang terang baru muncul di langit. Ada tiga orang bijak di negeri yang jauh yang tahu bahwa kemunculan Yesus adalah tanda kedatangan seorang raja besar dan mereka bergegas mencarinya. Raja Herodes mendengar bahwa orang bijak sedang mencari raja baru yang agung, yang dia tahu akan menggantikannya. Raja Herodes berencana untuk membunuh bayi itu, tetapi belum ada yang mengetahuinya.

Tiga orang bijak mengikuti bintang yang bersinar sampai mereka mencapai gudang, di mana keluarga bahagia. Mereka memandikan Dia dengan hadiah dan menyembah Anak Allah. Mereka juga tahu bahwa raja itu jahat dan karena itu tidak memberitahunya tentang lokasi di mana anak Yesus berada. Yusuf diperingatkan oleh malaikat dalam mimpinya bahwa Herodes akan mencari Yesus untuk membunuhnya, jadi mereka sebaiknya pergi ke Mesir. Di sinilah mereka tinggal sampai kematian raja iblis. Karena Yesus tidak dapat ditemukan, Herodes memerintahkan pembunuhan semua anak di Betlehem.

Santa Tidak Lupa – Cerita Natal Sebelum Tidur Untuk Anak-Anak

Cerita pendek hari natal anak kali ini tentang seorang anak laki-laki yang tinggal bersama ayah dan ibunya. Dia baik dan patuh dan berbagi semua mainannya dengan teman-temannya. Namun, dia melakukan kesalahan: dia selalu lupa melakukan pekerjaan sampingan dan pekerjaan penting lainnya yang diminta untuk dia lakukan. Setiap kali dia diminta untuk melakukan sesuatu dan kemudian diminta, dia memiliki jawaban, “Saya lupa.” Jika dia dikirim ke penjahit untuk mengingatkannya tentang perubahan yang mendesak, dia akan lupa memberi tahu penjahit tentang hal itu. Jika dia diberi uang untuk membayar listrik, ibunya akan menemukan uang dan tagihan di sakunya malam itu juga. Alasan untuk tidak melakukan pekerjaan tertentu tetap sama. Anda menebaknya dengan benar – “Saya lupa.”

libur nasional Cerita Pendek Hari Natal Anak

Orang tua khawatir bahwa kebiasaan pelupa ini akan mempengaruhi kehidupan dewasa anak laki-laki, sehingga menyulitkannya. Mereka memutuskan untuk melakukan sesuatu untuk membuatnya mengingat semuanya. Natal akan datang, dan seperti anak-anak lainnya, anak laki-laki itu sibuk menyiapkan tagihan untuk Sinterklas, meminta barang-barang favoritnya. Ibunya berkata, “Santa mungkin lupa membawakannya untukmu.” Tetapi anak laki-laki itu yakin bahwa Sinterklas akan terlihat seperti dia akan memasukkannya ke dalam kaus kakinya sehingga dia akan meninggalkan daftar.

Pada pagi Natal, dia bangun pagi-pagi dan buru-buru memeriksa kaus kakinya, cukup yakin Santa akan memberikan semua yang dia inginkan. Ibunya tahu apa yang akan terjadi dan menjauh darinya. Anak laki-laki itu berdiri di depan ibunya dengan daftar panjang semua pekerjaan yang diminta untuk dia lakukan selama setahun terakhir. Di bagian bawah daftar, teks tebal tertulis, “SAYA LUPA”.

Bocah itu patah hati dan menyeret dirinya untuk mengunjungi kakeknya bersama seluruh keluarga. Di pohon Natal kakeknya, bocah itu menemukan semua yang dia inginkan! Meskipun dia tidak segera berubah, ibunya masih mengingatkannya ketika keadaan tidak terkendali – “Santa jangan lupa!” Perlahan-lahan dia mengerti mengapa begitu penting untuk mengingat tugas dan tanggung jawab seseorang dalam hidup.

Hadiah dari Magi

‘ The Gift of the Magi ‘ adalah cerita pendek hari natal anak yang ditulis seorang penulis Amerika ‘O. Henry’, yang menjadi salah satu cerita Natal terkenal untuk Anak-anak. Henry ‘, pertama kali diterbitkan pada tahun 1905. Kisah ini tentang pasangan muda, Jim dan Della, miskin tetapi sangat mencintai. Saatnya Natal dan Della ingin membeli hadiah Natal yang bagus untuk suaminya – namun, dia memiliki sedikit uang. Salah satu aset berharga Della adalah rambutnya yang indah berlapis-lapis – tetapi karena dia tidak memiliki cukup tabungan untuk membeli hadiah Natal Jim, dia memotong dan menjual rambutnya seharga $ 20 dan membelinya. Hadiah yang sempurna untuk Jim. Jim juga menjual arloji saku emas berharga milik kakeknya – sesuatu yang dipegangnya erat-erat di pangkuannya – untuk membelikan hadiah untuknya.

Ketika dia kembali ke rumah, Jim tercengang ketika dia menemukan gaya rambut baru Della. Della membeli tali jam untuk jam saku favorit Jim, dan dia membeli sisir rambut yang berharga untuk rambut panjangnya. Ketika mereka menerima hadiah, mereka menyadari bahwa mereka tidak lagi berguna bagi mereka. Keduanya menjual harta berharga mereka untuk membuat satu sama lain bahagia, menunjukkan cinta mereka satu sama lain. Mereka duduk bersama untuk makan malam tetapi tidak marah. Cerita berakhir di sana, tetapi narator membandingkan hadiah yang diberikan Jim dan Della satu sama lain dengan hadiah para penyihir dalam Alkitab. Kisah ini adalah tentang pengorbanan pribadi yang dilakukan orang untuk orang yang mereka cintai.

Ekspres Kutub (The Polar Express )’

‘ The Polar Express ‘ adalah salah satu cerita pendek hari natal anak dalam buku anak-anak yang ditulis oleh Chris Van Allsburg. Kisah ini dianggap sebagai kisah Natal klasik untuk anak-anak. Cerita dimulai pada Malam Natal-. Seorang anak laki-laki terbangun di tengah malam karena kereta api menunggunya di luar rumahnya. Dia naik kereta dan terkejut melihat anak-anak lain di atas kereta. Kereta membawa mereka ke Kutub Utara, di mana mereka melihat peri Natal dan bertemu Sinterklas. Bocah itu mendapat hadiah Natal pertamanya dari Santa Claus. Dia dapat memilih apa pun yang dia inginkan – anak laki-laki itu meminta bel dari salah satu tali pengikat rusa.

Ketika dia kembali ke rumah, keretanya melarikan diri, tetapi belnya hilang. Keesokan paginya saat Natal, saudara perempuannya menemukan hadiah kecil untuknya di bawah pohon. Ketika dia membuka hadiah itu, dia melihat bahwa itu adalah lonceng yang diberikan Santa Claus. Ketika bel berbunyi, anak laki-laki dan perempuan itu mendengar suaranya, tetapi bukan orang tuanya. Tahun demi tahun berlalu, anak itu tumbuh. Anak laki-laki itu ingat bahwa selama bertahun-tahun, saudara perempuannya dan semua orang berhenti mendengar bel, tetapi dia tidak, dan itu hanya karena kepercayaannya pada keajaiban Natal adalah sama.

Hadiah Natal Susy

“Ceritakan pada kami, nursie; tolong lakukan”, pinta dua gadis kecil berambut emas, saat mereka meringkuk di permadani lembut di depan api. “Apakah Anda pernah mendapatkan apa yang Anda harapkan saat Natal, ketika Anda masih kecil?”

“Ya, saya pernah melakukannya. Saya adalah yang tertua, dan memiliki dua saudara laki-laki dan tiga saudara perempuan. Kami tidak memiliki rumah yang indah seperti ini. Kami tinggal di sebuah pondok kecil. Namun, itu cantik, di waktu musim panas, ketika mawar dan merah muda bermekaran. Ayah saya sudah meninggal, dan ibu bekerja untuk orang kaya di sekitar desa. Ada banyak yang harus dilakukan tentang waktu liburan.

“Itu sehari sebelum Natal. Ibu berada di rumah seorang wanita yang sangat kaya dan baik hati. Dia akan mengadakan pesta besar di malam hari.

“Ibu memberi tahu saya, ketika dia pergi, untuk memikirkan anak-anak, dan mungkin saya mungkin memiliki hadiah Natal yang bagus. Aku tahu kita harus punya banyak permen dan kue, dan barang-barang bagus lainnya, dari rumah Mrs. Reid. Kami juga sering memiliki pakaian yang indah, yang sudah terlampaui oleh Mamie dan Robbie Reid.

“Saya sudah lama menginginkan sarung tangan; tapi aku tahu Ibu tidak mampu membelikanku satu. Cukup sulit bahkan untuk mendapatkan sepatu untuk kami semua. Saya pikir saya harus puas dengan sarung tangan.

“Itu cukup gelap, dan kami semua duduk di sekitar api unggun. Saya telah mengayunkan Tilly untuk tidur dan menidurkannya. Willie dan Joe sedang bermain buaian kucing. Kami semua percaya bahwa kami kaya dan dapat memiliki semua yang kami inginkan untuk Natal.

“Tiba-tiba terdengar langkah berat di teras, dan ketukan di pintu. Aku membukanya, dengan Margie dan Amy menempel di gaunku. Seorang anak laki-laki memasukkan sebuah kotak besar ke dalam ruangan dan berteriak, ‘Selamat Natal untukmu!’ Dia kemudian berlari keluar di gerbang.

“Kotak itu memiliki semua nama kami di sampulnya, dan anak-anak itu liar melihat apa yang ada di dalamnya.

“’Tunggu sampai ibu datang,’ kataku; dan segera kami mendengarnya di gerbang, Dia tampak terkejut, dan berkata Santa Claus telah mengingat kami lebih awal.

“Ibu menyarankan kami untuk pergi tidur dan menunggu sampai pagi untuk melihat hadiah kami. Itu cukup sulit; tapi kami punya jeruk dan permen, dan saya menidurkan anak laki-laki itu. Margie dan saya bertanya-tanya dan menebak apa yang ada di dalam kotak; tapi akhirnya kami tertidur.

“Anda mungkin yakin kami bangun pagi-pagi sekali. Ada boneka dan mainan untuk anak-anak kecil, dengan tudung dan sarung tangan, dan bagi saya sarung tupai yang indah, dilapisi dengan biru, dengan boa kecil yang lembut untuk leher saya. Saya adalah seorang gadis bahagia Natal itu, saya dapat memberitahu Anda.

“Dan sekarang, sayangku, kamu harus pergi tidur, atau Sinterklas tidak akan dapat menemukan stokingmu.”

“Oh! Saya harap saya akan mendapatkan apa yang saya inginkan besok!” kata Gracia.

“Dan aku juga,” ulang Helen. “Dan ceritamu sangat bagus, nursie.”

“Selamat malam, dan hubungi kami pagi-pagi sekali.”

A Turkey For One – Ditulis oleh Lavinia S. Goodwin

Paman Roy Lura ada di Jepang. Dia biasa mengambil makan malam Natal di rumah Lura. Sekarang dia hanya bisa menulis surat kepada papanya untuk mengatakan sekotak hadiah telah dikirim, dan satu untuk gadis kecilnya.

Gadis kecil itu bertepuk tangan, menangis, “Oh, mama! tidakkah menurutmu itu adalah rantai dan liontin yang dikatakan pamanku suatu saat akan dia berikan kepadaku?”

“Tidak,” jawab papanya sambil terus membaca. “Pamanmu bilang itu kalkun untuk satu.”

“Tapi kami tidak membutuhkan kalkun dari Jepang,” kata putri kecil itu dengan tenang.

Papanya tersenyum, dan menyerahkan surat terbuka itu kepada ibunya. “Bacalah dengan keras, setiap bagian,” pinta Lura, melihat ibunya juga tersenyum.

Tapi ibunya melipat surat itu dan tidak mengatakan apa-apa.

Pada malam Natal kotak itu, yang baru saja tiba, dibuka, dan setiap orang di rumah itu dihibur dengan hadiah. Lura’s adalah kalkun bubur kertas, hampir sebesar yang dibawa pulang pada saat yang sama oleh anak pasar.

Keesokan paginya, saat unggas di dapur sedang dipanggang, Lura meletakkan unggasnya di depan jendela dan melihat orang-orang mengaguminya saat mereka lewat. Semua bulu tiruannya, dan bahkan lebih banyak lagi pial merahnya, sepertinya mengucapkan Selamat Natal kepada setiap pria dan wanita, anak laki-laki dan perempuan.

Lura tidak membicarakan perhiasan itu sejak surat pamannya dibacakan. Tidak baik bagi orang yang menerima hadiah untuk berharap itu berbeda. Lura bukan anak seperti itu.

Ketika makan malam hampir selesai, papanya berkata kepadanya, “Sayangku, kamu telah memakan kalkunku sebanyak yang kamu inginkan; jika Anda berkenan, sekarang saya akan mencoba beberapa dari Anda.”

“Milikku adalah apa yang Paman Roy sebut sebagai kalkun,” tawa Lura. Dia berbalik di kursinya ke arah tempat burungnya berjalan mondar-mandir di ambang jendela, dan menambahkan, dengan heran, “Mengapa, apa yang terjadi dengannya?”

Pada saat itu pelayan membawa sebuah piring besar. Ketika ruang telah dibuat untuk itu di atas meja, itu diletakkan di depan papa Lura, dan di atas piring ada kalkunnya.

“Oh, betapa menyenangkannya!” seru anak itu dengan riang. “Apakah paman menyuruhmu berpura-pura menyajikannya?”

“Saya belum menyelesaikan apa yang dia perintahkan untuk saya lakukan,” kata papanya, dengan pisau ukir yang berkembang.

“Tapi, papa—oh, tolong!” Tangannya ada di lengannya. “Kamu tidak akan merusak burung cantikku dari Jepang!

Sebuah pegas tersembunyi disentuh dengan ujung pisau. Dadanya terbuka, dan memperlihatkan unggas yang diisi dengan mainan pilihan dan hal-hal lain. Yang pertama dikeluarkan adalah sebuah kotak kecil; di dalamnya ada rantai emas dan liontin; liontin itu berisi foto Paman Roy.

Itu kalkun untuk satu, hanya untuk keponakan Paman Roy. Tapi semua keluarga berbagi hiburan.

Ini adalah Cerita Natal Lucu untuk Anak Lavinia S. Goodwin, kami harap anak Anda menikmatinya!

Ucapan Natal Romantis Buat Pacar Terlengkap

Ucapan Natal Romantis Buat Pacar – Natal ialah saat yang indah untuk romansa dan berangkulan di depan api unggun atau di lokasi yang cukup menghangatkan untuk bersama. Mengatur situasi hati dengan salah satunya ucapan natal romantis buat pacar ini. Cocok untuk dicatat dalam kartu atau pesan text ke seorang yang khusus.

Ucapan Selamat Natal untuk Pacar, tidak ada cara yang lebih bagus untuk ucapkan Selamat Natal secara romantis dibanding langkah lain. Untuk memuja orang yang Kamu sayangi. Kamu bisa ucapkan Selamat Natal dengan romantis dengan hadiah Natal yang lucu. Natal ialah peluang yang prima untuk pasangan untuk habiskan waktu berkualitas satu sama lain, dengan kekasih tercinta.

ucapan natal romantis buat pacar
cr lovetodayfriend

Ini sebagai langkah yang bagus untuk memberitahu cinta Kamu begitu berartinya ia dalam kehidupan Kamu. Bila Kamu ingin membuat liburan natalmu bersama pacarmu, berikan ucapan natal romantis buat pacar kamu.

Berikut Ialah Ucapan Natal Romantis Buat Pacar Kamu Tahun Ini

  1. Selamat Natal cintaku. Kukirimkan semua cintaku kepadamu di kesempatan khusus ini.
  2. Cintamu ialah hadiah Natal terbaik bagiku. Selamat Natal, sayang.
  3. Saya berasa diberi berkah memilikimu dalam hidupku, sayang. Ingin kuhabiskan ini hari dan tersisa hidupku bersamamu. Selamat Natal.
  4. Cintamu ialah segala hal yang membuatku masih tetap hidup dan membuatku berasa komplet. Selamat Natal, saya benar-benar menyukaimu!
  5. Terima kasih sudah memberikan hidupku arti baru. Karena Kamu, semua berlibur Natalku ajaib dan berbahagia. Selamat Natal untukmu!
  6. Kamu adalah karena bagiku. Saya selalu mengucapkan terima kasih ke Yesus setiap Natal. Selamat Natal untuk pria yang kucintai.
  7. Saya berasa pria yang untung karena saya mendapatkan peluang untuk habiskan malam ajaib ini dengan wanita paling elok di dunia. Selamat Natal, gadisku.
  8. Selamat Natal. Saya ingin berterima kasih atas semua cinta, waktu khusus, dan kebahagiaan yang sudah Kamu beri ke saya. Kamu betul-betul mengagumkan.
  9. Saya mengucapkan syukur memilikimu dalam hidupku. Kamu ialah hadiah Natal terbaik saya. Saya suka bersamamu. Selamat Natal Cinta.
  10. Natal selalu spesial buatku karena saya dapat habiskan hari ajaib bersamamu. Selamat Natal, sayang.
  11. Kaulah yang membuat hidupku prima dan prima dalam segalanya. Saya sukai caramu menyukaiku dan perduli padaku. Selamat Natal.
  12. Mudah-mudahan Natal ini bawa keinginan baru dan mimpi baru untuk jalinan kita. Mudah-mudahan gembira Natal masih tetap bersama kita selama-lamanya!
  13. Saya ingin Kamu dari sisi saya tiap Natal dalam hidupku. Selamat Natal dan tahun baru untukmu!
  14. Selamat Natal untuk cinta dalam hidupku. Natal berasa lebih ajaib bersamamu. Dan, saya akan melantunkan “I Love You” seperti mantra sichir.
  15. Saya ingin memberikan tahum jika Kamu ada pada pemikiran saya tiap hari selama setahun. Selamat Natal untuk orang yang saya sayangi.
  16. Natal ialah hari untuk memberitahu orang yang Kamu sayangi apakah arti ia buatmu. Bagaimana saya dapat melewati kesempatan kali ini untuk memberi semua cintaku ke orang yang paling disayangi! Saya menyukaimu. Selamat Natal.
  17. Bila saya harus pilih di antara bernafas atau menyukaimu. Saya akan memakai napas terakhirku untuk memberitahukanmu bahwa… Saya menyukaimu. Selamat natal dan tahun baru!

Ucapan Natal Romantis Buat Kekasih

  1. Kamu membuat tiap hariku cantik seperti malam Natal yang ajaib. Mudah-mudahan banyak cinta, kebahagiaan, dan peruntungan untukmu pada tahun baru ini. Selamat Natal.
  2. Natal ini, saya ingin memberitahu Kamu jika jantungku cuman berdetak untukmu, dunia saya terpusat di sekelilingmu. Selamat Natal, cinta.
  3. Mudah-mudahan perjalanan cinta kita tak pernah usai. Silahkan kita berdoa ke Tuhan supaya Ia selalu memberkati kita dengan berkat-Nya yang tidak terhitung banyaknya dan jaga kita bersama selama-lamanya. Selamat Natal, sayang.
  4. Hidup jadi memiliki makna saat kamu mempunyai belahan jiwa, dan saya untung karena memilikimu. Caramu membaca pikiranku benar-benar mengagumkan. Terima kasih sudah jadi pacar yang perhatian. Selamat Natal.
  5. Berlibur Natal sangat berharga bagik karena saya mendapatkan peluang untuk menghabiskannya bersamamu. Kamu ialah argumen kebahagiaanku. Selamat Natal, Suami!
  6. Di Natal ini, saya berdoa mudah-mudahan cinta dan ikatan antara kita tumbuh semakin kuat serta lebih dalam. Kami mempunyai jalan panjang untuk pergi bersama. Selamat Natal, lelakiku.
  7. Kamu membuatku yakin pada cinta, pada fenomena hidup. Saya tidak dapat semakin mengucapkan syukur ke Tuhan karena mengirimmu ke hidup saya. Kamu membuat mimpi saya jadi realita. Selamat Natal.
  8. Mudah-mudahan Tuhan memberkati Kamu dengan semua kebahagiaan di dunia karena saat ini, hal yang terpenting untuk saya ialah kebahagiaanmu, senyuman Kamu yang bernilai. Selamat Natal, sayang.
  9. Natal ini lebih terkesan untuk saya karena saya mempunyai pria paling ganteng dan memikat buat habiskan malam Natal yang ajaib bersama. Selamat Natal, cinta.

Ucapan Natal Romantis Buatnya

  1. Saya ucapkan Selamat Natal untuk salah satu wanita dalam kehidupan saya. Terima kasih sudah penuhi hatiku dengan cintamu yang tidak bersyarat. Saya menyukaimu!
  2. Saat saya mempunyai Kamu disebelah saya, saya tidak dapat minta Natal yang lebih bagus. Mudah-mudahan senyuman bernilai Kamu berkilau selama setahun. Selamat Natal.
  3. Selamat Natal untuk Dewi yang sudah memberkati saya dengan cinta, perhatian, dan suportnya yang tanpa persyaratan. Ini hari salah satu keinginanku ialah rayakan tiap Natal bersamamu.
  4. Kamu ialah pacar terbaik dan suportif di dunia. Saya berasa untung mempunyai wanita yang mengagumkan dalam kehidupan saya, dan itu ialah Kamu. Ucapkan selamat Natal ke malaikatku.
  5. Untuk saya, senyuman Kamu ialah sinar yang berkilau dan bercahaya di pohon Natal. Saya kagum oleh fenomena cintamu padaku. Selamat Natal, Istriku!
  6. Mengirimmu dekapan dan kecupan hangatku pada malam yang ajaib ini. Mudah-mudahan semua mimpimu jadi realita karena saya ingin menyaksikan gadis saya berbahagia. Selamat Natal.
  7. Malam musim dingin dingin dan sepi, tapi dengan cintamu, musim dinginku hangat dan berbahagia. Selamat Natal, sayang. Mudah-mudahan semua kebahagiaan di dunia jadi punyamu.
  8. Kamu membuat tiap hariku ajaib seperti malam Natal ini. Kamu ialah salah satu dan akan bersama siapa saya ingin habiskan tersisa hidup saya. Selamat Natal Cinta.
  9. Natal ialah langkah lain untuk memberitahukanmu begitu saya menyukaimu dan begitu keutamaan kehadiranmu dalam hidupku. Kamu ialah duniaku, sumber kebahagiaanku. Selamat Natal, elok.
  10. Untuk wanita dalam hidupku, yang menyukaiku, mengasihiku, mendukungku pada kondisi terjelekku, dan menjagaku, selamat Natal. Saya akan selama-lamanya jadi pacar paling untung di dunia karena saya memilikimu

Pesan Cinta Natal

  1. Kamu ialah argumen untuk senyuman dan kebahagiaanku. Saya menyukaimu! Selamat Natal dan tahun baru untukmu!
  2. Mudah-mudahan Kamu memperoleh Natal yang cantik sayang! Saya menunggu untuk habiskan waktu yang paling cantik dengan Kamu. Mengirim dekapan dan kecupanku untukmu!
  3. Hatimu demikian penuh cinta, dan saya cukup untung mendapati tempat di situ. Selamat Natal sayang. Saya menyukaimu!
  4. Mudah-mudahan cintaku berbahagia selama-lamanya. Terima kasih untuk semua sayang. Selamat natal dan tahun baru!
  5. Saya kemungkinan tidak selamanya menjelaskan ini tetapi saya betul-betul menyukaimu dan saya akan menyukaimu sampai napas terakhirku. Saya benar-benar menyukaimu dan Selamat Natal!
  6. Mudah-mudahan selalu dikitari cinta dan kenyamanan. Istriku tercinta, kamu ialah harta karun dalam hidupku. Selamat Natal untukmu!
  7. Saya akan bersamamu apa saja yang terjadi dalam kehidupan. Saya dibikin untukmu dan saya tidak pernah biarkan Kamu berasa sendirian dalam kehidupan. Selamat Natal suami tercinta!
  8. Bila saya menjadi apa, saya bisa menjadi air matamu, supaya saya dapat terlahir di matamu, hidup di pipimu dan mati di bibirmu. Selamat Natal sayang!
  9. Kamu secantik malaikat, semanis kue Natal, dan penuh kasih selama musim. Terima kasih sudah membuat Natal saya cantik.
  10. Di kesempatan yang paling spesial ini, temanimu ialah yang paling saya harapkan. Kamu datang dalam semua pemikiran cintaku setiap waktu. Selamat Natal untukmu!
  11. Kamu ialah hadiah paling bernilai dalam hidupku. Saya tidak mau suatu hal yang spesial terkecuali waktu Kamu dan kedatanganmu. Mengharap Kamu saat yang cantik sepanjang Natal ini.
  12. Cintaku kepadamu murni, cintaku kepadamu ialah betul. Berikut keinginanku cuman untukmu, Selamat Natal cintaku!
  13. Polisi sedang diperjalanan untuk tangkapmu karena mengambil hatiku, bajak hatiku, dan membuatku edan. Sampai jumpa di pengadilan! Selamat Natal sayang!
  14. Saya mengharap Kamu mempunyai kehidupan yang sarat dengan cinta dan perhatian, seperti Kamu isi hidup saya dengan kehidupan Kamu. Saya mengucapkan terima kasih atas support, kemampuan, dan perhatian Kamu. Selamat Natal.
  15. Semuanya orang ngomong kamu cuman jatuh hati sekali tetapi itu tidak betul, setiap saya dengar suaramu saya jatuh hati kembali. Selamat Natal!
  16. Kedatanganmu ialah karunia paling besar dari semua. Senyuman Kamu ialah kebahagiaan paling besar saat Natal! Selamat Natal Cintaku!

Kutipan Kata-Kata Natal Romantis

  1. Natal ialah waktu untuk sentuh tiap hati dengan cinta dan perhatian. Natal ialah waktu untuk terima dan mengirimi karena. Telah saatnya untuk mengisap fenomena pada udara. Merry Christmas.
  2. Hei sayang, bangun, ini ialah pagi Natal yang cantik. Saya mengharap Kalian kebahagiaan di dunia Natal ini. Saya janji akan lakukan semuanya yang dibutuhkan untuk melihatmu berbahagia. Selamat Natal sayang. Kamu berutang kecupan Natal!
  3. Peluang Natal mengutarakan keceriaan saya. Karena saya memilikimu untuk perusahaan . Maka saya dapat nikmati cinta dan keilahian. Kedatanganmu membuat semua ketidaksamaan dalam kehidupan. Selamat natal dan tahun baru!
  4. Mudah-mudahan angin cinta dan gembira berkunjung rumah Kamu pada Natal ini dan tinggal bersamamu dan keluarga Kamu untuk ini hari dan selama-lamanya. Ucapkan Selamat Natal dan Tahun Baru untukmu dan keluarga.
  5. Cinta kita ialah harta yang tidak ada hadiah di bawah pohon yang dapat menyaingi nilainya. Terima kasih dan Selamat Natal, cintaku.
  6. Untuk dunia kemungkinan kamu ialah salah satu orang, Tetapi untuk seseorang kamu ialah dunianya. Saya mengucapkan terima kasih ke Tuhan karena sudah memberkati saya dengan seorang yang mengagumkan seperti KAMU. Selamat Natal.
  7. Natal ialah festival cinta dan pengorbanan dan saat itu dirayakan denganmu, itu jadi peluang cantik karena yang diberikan pada saya. Benar-benar menyukaimu, Selamat Natal!
  8. Beberapa orang menjelaskan jika sihir itu palsu, kemauan tidak jadi realita, dan Pangeran Ganteng tidak berada di mana-mana… jadi bagaimana saya memilikimu?
  9. Sinar dalam jiwamu bawa serasi di hatiku, cinta kita jadi hidup, saat keceriaan yang berkembang, keinginan Natalku yang halus untukmu!
  10. Kamu membuat bintang-bintang berkilau lebih jelas dan beberapa hari musim dingin lebih hangat cukup dengan ada dalam hidupku. Selamat Natal Cinta!
  11. Bila ada kartu yang menjelaskan kalimat yang pas, saya akan membeli tapi tidak ada, itu kenapa saya menulis ini… I Love You dan ucapkan selamat Natal!
  12. Saya habiskan selama setahun saya pikirkan bagaimana saya akan habiskan Natal ini dengan Kamu. Pada akhirnya, waktunya untuk membikin semua kemauan saya jadi realita. Selamat Natal!
  13. Senyumanmu yang menarik buka pintu hatiku, sentuhan lembutmu buka jendela jiwaku, memenuhiku dengan kebahagiaan Natal yang membuat jarak lenyap!
  14. Lihatlah ke sekitar Kamu, musim Natal ialah musim paling romantis dari semua. Saya ingin berangkulan dengan Kamu pada sebuah selimut, duduk di muka tungku api, melihat pohon Natal dan dengarkan beberapa lagu Natal selama seharian. Selamat Natal untukmu cintaku.
  15. Selamat Natal sayangku. Saya tentu pria paling untung mempunyai seorang sepertimu dalam hidupku! Tiap hari dalam hidupku cantik karenamu! Kamu ialah segala hal saya!
  16. Tempo hari kamu punyaku, ini hari kamu punyaku dan esok kamu punyaku. Dan saya akan merengkuhmu tiap hari. Selamat Natal, saya mencintaimu.
  17. Jumpai saya di bawah mistletoe. Saya akan ada di sana dengan lonceng berpijar.
  18. Saya telah menanti selama setahun untuk habiskan Natal bersamamu! Saat ini telah berada di sini, saya tidak dapat pikirkan hadiah apa saja yang saya harapkan lebih dari ini. Selamat Natal, cintaku!
  19. Turun ke cerobong asap! Saya punyai hadiah Natal khusus untukmu.
  20. Cintaku kepadamu berkilau lebih jelas dari lampu di pohon. Selamat Natal!
  21. Saya tidak dapat pikirkan langkah lain untuk habiskan Natal selainnya masih tetap hangat bersamamu.
  22. Bila saya dapat mengepak hatiku dan mengirimkan padamu untuk Natal, saya akan melakukan. Karena saya tidak dapat, kartu ini harus dilaksanakan.
  23. Kamu ialah hadiah Natal terbaik yang dapat didapat seorang pria!
  24. Melihatmu hilangkan semua depresi dari musim Natal. Terima kasih sudah isi berliburku dengan gembira dan cinta.
  25. Kita kemungkinan tidak dapat rayakan Natal bersama tahun ini, tetapi ingat-ingatlah jika kamu ada selalu di pikiranku. Dengan cinta dari lubuk hatiku.
  26. Bersamamu saat Natal membuatku berasa seperti anak kecil kembali. Terkecuali, bukannya memperhitungkan hadiah saya, saya menunggu kecupan kita
  27. Ini Selamat Natal dan pacar Kamu menanti hadiah, ucapan selamat dan pesan cinta Natal dari Kamu. Hadiah saja kurang cukup untuk menghargakan orang yang Kamu sayangi, bersama dengan Hadiah Kamu harus juga pergi untuk share Pesan cinta Natal yang manis sama mereka.
  28. Habiskan hari Natal dengan cinta Kamu ialah hati yang terindah di bumi. Menjadikan acara khusus ini lebih ajaib dengan menyampaikan pesan romantis ini ke pacar Kamu. Gesturkan rasa terima kasih kamu atas cinta dan kebahagiaan yang dibawa cintaamu ke hidupmu tiap hari.
  29. Langkah yang lebih bagus untuk mengutarakan penghargaan dan cinta Kamu dengan menulis sejumlah kata romantis untuk orang yang Kamu sayangi. Kami menyembahkan ke Kamu kelompok ucapan Natal romantis yang luas untuk pacar, pacar, istri, suami, atau siapa saja yang Kamu sayangi.

Kirimkan ucapan natal romantis buat pacar dengan keinginan hangat dan ikhlas ini untuk cinta dalam kehidupan Kamu. Diamkan semangat Natal kuasai jiwanya. Ini akan membuat pacarmu berbahagia dan makin jatuh hati padamu.

Berikut Waktu Sholat Idul Adha Secara Sendirian atau Berjamaah berserta Niat

Waktu Sholat Idul Adha Sesuai Kemenag

Kementerian Agama (Kemenag) memutuskan, Idul Adha 1442 H jatuh pada Selasa (30/7/2021) ini hari. Mengawali Idul Adha, umat Islam disarankan melakukan sholat Idul Adha.

Adapun waktu penerapan waktu sholat Idul Adha, diawali semenjak matahari keluar sampai masuk waktu zuhur.

Mengarah pada rutinitas orang Indonesia, shalat Idul Adha umumnya diadakan start pukul 07.00 waktu di tempat.

Walaupun beberapa ada yang mengawali pada jam 06.30 waktu di tempat.

Waktu Sholat Idul Adha

Sholat Idul Adha Disyariatkan Dilaksanakan Secara Berjamaah

Tetapi karena masih juga dalam situasi wabah, Kemenag menyarankan, sholat Idul Adha dikerjakan di dalam rumah.

Shalat Idul Adha dapat dikerjakan secara sendiri atau berjamaah dengan bagian keluarga lainnya.

Bilapun diadakan di mushola atau lapangan secara berjamaah, harus patuhi prosedur kesehatan dan khusus di daerah yang dibolehkan.

Berikut tutorial/kaifiat sholat Idul Adha diambil dari bengkulu.kemenag.go.id:

  1. Saat sebelum sholat Idul Adha, disunnahkan untuk perbanyak bacaan takbir, tahmid, dan tasbih.
  2. Shalat diawali dengan menyeru “ash-shalâta jâmi‘ah”, tanpa azan dan iqamah.
  3. Mengawali dengan niat sholat Idul Adha

Niat Sholat Idul Adha Sendiri

اُصَلِّى سُنُّةً عِيْدِ الْاَضْحَى رَكْعَتَيْنِ مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ للهِ تَعَالَى

Usholli sunnatan ‘iidil adhaa rok’ataini mustaqbilal qiblati lillaahi ta’aalaa

Maknanya: “Saya punya niat Sholat sunah Idul Adha dua rakaat menghadap kiblat karena Allah ta’ala.”

Niat Sholat Idul Adha Berjamaah

اُصَلِّى سُنُّةً عِيْدِ الْاَضْحَى رَكْعَتَيْنِ مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ (مَأْمُوْمًاإِمَامًا) للهِ تَعَالَى

Usholli sunnatan ‘iidil adhaa rok’ataini mustaqbilal qiblati (makmuman/imaaman) lillaahi ta’aalaa

Maknanya: “Saya punya niat Sholat sunah Idul Adha dua rakaat menghadap kiblat (jadi makmum/imam) karena Allah ta’ala.”

  1. Membaca takbiratul ihram (الله أكبر) sekalian mengusung ke-2 tangan.

Lalu membaca doa iftitah

اللهُ اَكْبَرُ كَبِرًا وَالْحَمْدُ لِلهِ كَشِيْرًا وَسُبْحَانَ اللهِ بُكْرَةً وَاَصِيْلًا. اِنِّى وَجَّهْتُ وَجْهِيَ لِلَّذِيْ فَطَرَالسَّمَاوَاتِ وَالْااَرْضَ حَنِيْفًا مُسْلِمًا وَمَا اَنَا مِنَ الْمُشْرِكِيْنَ. اِنَّ صَلَاتِيْ وَنُسُكِيْ وَمَحْيَايَ وَمَمَاتِيْ لِلهِ رَبِّ الْعَا لَمِيْنَ. لاَ شَرِيْكَ لَهُ وَبِذَ لِكَ اُمِرْتُ وَاَنَ مِنَ الْمُسْلِمِيْنَ.

Allaahu akbaru Kabiraa Walhamdulillaahi Katsiiraa, Wa Subhaanallaahi Bukratan Wa’ashiilaa, Innii Wajjahtu Wajhiya Lilladzii Fatharas Samaawaati Wal Ardha Haniifan Musliman Wamaa Anaa Minal Musyrikiin.

Inna Shalaatii Wa Nusukii Wa Mahyaaya Wa Mamaatii Lillaahi Rabbil ‘Aalamiina. Laa Syariikalahu Wa Bidzaalika Umirtu Wa Ana Minal Muslimiin.

Maknanya: Allah Maha Besar dengan sebesarnya, semua puji untuk Allah dengan sanjungan yang banyak. Maha Suci Allah di saat pagi dan petang.

Sebenarnya saya hadapkan mukaku ke Allah yang sudah membuat langit dan bumi dengan seluruh kepatuhan atau pada kondisi runduk, dan saya bukan dari kelompok beberapa orang yang menyekutukan-Nya.

  1. Membaca takbir sekitar 7x (di luar takbiratul ihram) dan antara setiap takbir itu disarankan membaca:

سُبْحَانَ اللَّهِ وَالْحَمْدُ لِلَّهِ وَلَا إلَهَ إلَّا اللَّهُ وَاَللَّهُ أَكْبَرُ

SubhanalLah wal-hamdu lil-Lah wa la ilaha ilal-Lahu wal-lahu Besar

Maknanya: Maha suci Allah, semua sanjungan bagi-Nya. Tidak ada tuhan terkecuali Allah, Allah Maha Besar.

  1. Membaca surah al-Fatihah, dilanjutkan membaca surah yang pendek dari Al Quran.
  2. Rukuk, iktidal (bangun dari rukuk), sujud, duduk antara dua sujud, dan sebagainya sampai berdiri kembali seperti sholat biasa.
  3. Pada rakaat ke-2 saat sebelum membaca al-Fatihah, disunnahkan takbir sekitar 5 kali sekalian mengusung tangan.

Di luar takbir saat berdiri (takbir qiyam) dan antara setiap takbir disunnahkan membaca:

سُبْحَانَ اللَّهِ وَالْحَمْدُ لِلَّهِ وَلَا إلَهَ إلَّا اللَّهُ وَاَللَّهُ أَكْبَرُ

SubhanalLah wal-hamdu lil-Lah wa la ilaha ilal-Lahu wal-lahu Besar

Maknanya: Maha suci Allah, semua sanjungan bagi-Nya. Tidak ada Tuhan terkecuali Allah, Allah Maha Besar.

  1. Membaca Surah al-Fatihah, dilanjutkan membaca surah yang pendek dari Alquran.
  2. Ruku, sujud, dan sebagainya sampai salam.
  3. Sesudah salam, disunnahkan dengarkan khutbah Idul Adha.

Berkaitan khutbah Idul Adha, Majelis Ulama Indonesia (MUI) mengatakan, shalat Idul Adha bisa dilaksanakan tanpa khutbah.

Ketua MUI Sektor Ceramah dan Ukhuwah, KH M Cholil Nafis menerangkan, jika sholat Idul Adha dilaksanakan sendiri, karena itu cuman jalankan shalatnya.

Bila berjamaah dengan keluarga, dapat dibarengi dengan khutbah atau mungkin tidak.

Cholil menerangkan, dalam penerapan shalat Idul Adha, benar ada shalat dan khutbah.

Tetapi, syahnya shalat Idul Adha dan Idul Fitri tidak bergantung pada khutbah.

Berlainan dengan shalat Jumat, tidak syah shalatnya jika tidak ada khutbah.

“Oleh karenanya, shalat Idul Adha dapat shalat saja tanpa khutbah.”

“Misalkan shalat sendiri, ia usai cuman kerjakan shalat,” kata Cholil lewat info tercatat, Senin (19/7/2021).

Tetapi untuk Anda yang ingin berkhutbah, berikut tutorial/kaifiat khutbah Idul Adha:

  1. Salam (Tanpa langsung duduk khutbah)
  2. Membaca takbir sekitar 9x
  3. Beri pujian Allah dengan sekurangnya membaca الحمد لله
  4. Membaca shalawat Nabi SAW, diantaranya dengan membaca اللهم صل على سيدنا محمد
  5. Berwasiat mengenai takwa
  6. Membaca ayat Al-Quran
  7. Berdoa untuk orang Mukmin dan Mukminah

Contoh Dokumen Khutbah Sholat Idul Adha di Rumah

Sesuai Surat Selebaran (SE) dari Kemenag, pengutaraan khutbah waktu sholat Idul Adha dilaksanakan dengan singkat, paling lama 15 menit.

Untuk Anda yang ingin berkhutbah atau bekerja memberi khutbah saat shalat Idul Adha, berikut contoh dokumen khutbah Idul Adha 1442 H/2021 dari Kemenag.

Khutbah Pertama

اَللهُ اَكْبَرُ، اَللهُ اَكْبَرُ، اَللهُ اَكْبَرُ، اَللهُ اَكْبَرُ، اَللهُ اَكْبَرُ، اَللهُ اَكْبَرُ، اَللهُ اَكْبَرُ، اَللهُ اَكْبَرُ، اَللهُ اَكْبَرُ وَلِلّهِ الْحَمْدُ.

اْلحَمْدُ لِلّهِ نَحْمَدُهُ وَنَسْتَعِيْنُهُ وَنسْتغْفِرُهُ وَنَعُوْذُ بِاللهِ مِنْ شُرُوْرِ أنْفُسِنَا وَمِنْ سَيِّئَاتِ أعْمَالِنَا مَنْ يَهْدِ اللهُ فَلاَ مُضِلَّ لَهُ. وَمَنْ يُضْلِلْ فَلاَ هَادِيَ لَهُ. أَشْهَدُ أنْ لاَ إلهَ اِلاَّ اللهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيْكَ لَهُ. وَأشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ. اَللّهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ هَذَا الرَّسُوْلِ الْكَرِيْمِ وَعَلَى آلِهِ وَأَصْحَابِهِ أَمَّا بَعْدُ:

فَيَا عِبَادَ اللهِ، أُصِيْكُمْ وَنَفْسِي بِتَقْوَى اللهِ فَقَدْ فَازَ الْمُتَّقُوْنَ.

Allaahu Besar (x9) walillaahil-hamdu.

Alhamdullilahi nahmaduhu wa nastaii’nuhu wa nastaghfiruhu wa nauu’dzubillahi min syuruuri anfusinaa wa min sayyi`aati a’maalinaa man yahdillahu falaa mudhillalahu, wa man yudhlil falaa haadiyalahuu.

Asyhadu an laaillaaha illallahu wahdahu laa syariika lahuu, wa asyhadu anna Muhammadan ‘abduhu wa rasuuluhu.

Allahumma shalli wasallim ‘alaa Sayyidinaa Muhammadin haadzaar-rasuulil-kariimi wa ‘alaa aalihi wa ashaabihi. Ammaa ba’d

Fayaa ‘ibaadallah, uushiikum wanafsii bitaqwallaahi faqad faazal-muttaquun

Allaahu Besar, Allaahu Besar, Allaahu Besar wa lillaahil-hamd.

Jemaah sholat Idul Adha yang bahagia.

Mari bersama kita tingkatkan iman dan taqwa ke Allah Subhanahu wa Ta’ala dengan sebagus-baiknya, sama kita jalankan semua perintah Allah dan menjauhi dari semua larangan-Nya.

Mudah-mudahan Allah memberi panduan supaya kita dapat ada di jalan yang lempeng dan Allah memberi kemampuan, kesabaran ke kita saat menjalankan ujian di periode wabah Covid-19 ini.

Keluargaku semuanya yang bahagia. Ini hari kita rayakan Lebaran Idul Adha dengan penuh kebatasan.

Ketika pandemi masih tetap ada disekitaran kita, kita melakukan sholat Idul Adha di rumah sendiri.

Akan tetapi, ini tidak kurangi rasa sukur karena Allah masih memberi kesehatan ke semua bagian keluarga kita dengan nikmat kesehatan dan usia panjang.

Dengan mengucapkan syukur, sambil ucapkan Alhamdulillah, kita mengharap Allah terus menambahkan nikmat kita bersama, seperti firman-Nya dalam surat Ibrahim ayat 7:

لَئِن شَكَرْتُمْ لَأَزِيدَنَّكُمْ ۖ وَلَئِن كَفَرْتُمْ إِنَّ عَذَابِى لَشَدِيدٌۭ

La in syakartum la aziidan-nakum wa la in kafartum inna ‘adzaabii lasyadiid

Maknanya: “Bila kalian mengucapkan syukur, karena itu benar-benar Saya bertambah untuk kamu (akan nikmat). Apabila kalian kufur, sebenarnya siksa-Ku sangat pedih.” (QS. Ibrahim: 7)

Allahu Besar, Allahu Besar, Allahu Besar wa lillaahil-hamd.

Jemaah keluargaku yang dirahmati Allah. Pandemi Covid-19 masih tetap ada dari muka bumi, terhitung desa halaman kita.

Pandemi ini ialah ujian dari Allah. Karena itu, kita harus terus bersabar, jangan patah semangat dan berserah.

Usaha dan ikhtiyar harus terus dilaksanakan dengan melakukan prosedur kesehatan sebagus-baiknya.

Ibadah beribadah terus kita tambahkan, misalkan sholat, walau beberapa waktu dilaksanakan di dalam rumah, puasa, dan beribadah yang lain.

Juga sangat penting ialah share kebaikan kesemua orang, sama-sama membantu dengan saudara, dan tetangga kita.

Seandainya ada tetangga kita yang kebenaran sekarang ini terkena Covid-19, silahkan kita ulurkan tangan untuk menolong dan membantu mereka, bukan justru diasingkan.

Harta yang sekarang ini kita punyai sebenarnya harus kita membersihkan dengan kita bersedekah ke sama-sama yang memerlukan.

Keluargaku, berikut bukti riil kita berpasrah pada Allah dan minta bantuan pada Allah semata-mata, seperti Allah berfirman dalam surat Al Fatihah: 5

إِيَّاكَ نَعْبُدُ وَإِيَّاكَ نَسْتَعِينُ

Iyyaaka na’budu wa iyyaaka nasta’iin

Maknanya: “Cuman kepada-Mu, kami menyembah dan cuman kepada-Mu kami minta bantuan.”

Allaahu Besar, Allaahu Besar, Allaahu Besar wa lillaahil-hamd.

Keluargaku yang saya sayangi.

Usaha lahir harus terus dilaksanakan, mempertahankan kesehatan, patuhi ketentuan pemerintahan dengan melakukan prokes dan disiplin 5M, menggunakan masker, membersihkan tangan, jaga jarak, kurangi mobilisasi, dan menjauhi dari keramaian.

Usaha ini silahkan kita sempurnakan dengan tawakkal dan berdoa ke Allah si Maha Kholiq, ke Allah si Maha Rahman dan Kandungan.

Jangan sampai berasa jemu, capek dalam berdoa.

Karena, dengan doa, kita mengharap Allah memberi keselamatan pada bagian keluarga kita, tetangga kita, negara tersayang kita bahkan juga semua makhluk yang ada dari muka bumi ini, keselamtan dunia dan keselamatan akhirat.

رَبَّنَا آتِناَ فِيْ الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِيْ اْلآخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ.

Rabbanaa aatinaa fid-dunyaaa hasanah, wa fil-aakhirati hasanah, wa qinaa ‘adzaaban-naar

Maknanya: “Wahai Tuhan kami, berikan ke kami di bumi ini akan kebaikan dan begitupun di akhirat akan kebaikan. Dan lindungilah kami dari adzab neraka.”

Demikian khutbah singkat ini saya berikan, mudah-mudahan Allah Swt selalu menuntun bagian keluarga kita pada jalan yang diridai-Nya, Allah menjaga kita dari pandemi ini. Aamiin.

بَارَكَ الله لِي وَلَكُمْ فِى اْلقُرْآنِ اْلعَظِيْمِ، أَقُوْلُ قَوْلِي هَذَا فَأسْتَغْفِرُ اللهَ العَظِيْمَ. إِنَّهُ هُوَ الغَفُوْرُ الرَّحِيْم.

Baarakallaahu lii wa lakum fil qur’anil ‘azhiim. Aquulu qawli haadza fastaghfirullaahal ‘azhiim. Innahuu huwal ghafuurur-rahiim

Khutbah Ke-2

اَللهُ اَكْبَرُ، اَللهُ اَكْبَرُ، اَللهُ اَكْبَرُ، اَللهُ اَكْبَرُ، اَللهُ اَكْبَرُ، اَللهُ اَكْبَرُ، اَللهُ اَكْبَرُ،

اللهُ اَكْبَرْ كبيرا وَاْلحَمْدُ للهِ كَثِيْرًا وَسُبْحَانَ الله بُكْرَةً وَ أَصْيْلاً. لاَ اِلَهَ اِلاَّ اللهُ وَاللهُ اَكْبَرْ. اللهُ اَكْبَرْ وَللهِ اْلحَمْدُ.

اَلْحَمْدُ للهِ الَّذِيْ أَمَرَناَ أَنْ نُصْلِحَ مَعِيْشَتَنَا لِنَيْلِ الرِّضَا وَالسَّعَادَةِ، وَنَقُوْمَ بِالْوَاجِبَاتِ فِيْ عِبَادَتِهِ وَتَقْوَاهُ. وَاَشْهَدُ اَنْ لاَ اِلَهَ اِلاَّ اللهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيْكَ لَهُ وَاَشْهَدُ اَنَّ سَيِّدَنَا مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ. اللهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ وَباَرِكْ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى اَلِهِ وَاَصْحَابِهِ وَسَلِّمْ تَسْلِيْمًا كِثيْرًا.اَمَّا بَعْدُ

فَياَ اَيُّهَا النَّاسُ ٱتَّقُوا۟ ٱللَّهَ حَقَّ تُقَاتِهِۦوَلَا تَمُوتُنَّ إِلَّا وَأَنتُم مُّسْلِمُونَ. اللهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ سَيِّدِناَ مُحَمَّدٍ وَارْضَ عَنَّا مَعَهُمْ بِرَحْمَتِكَ يَا اَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ.

اَللهُمَّ اغْفِرْ لِلْمُؤْمِنِيْنَ وَاْلمُؤْمِنَاتِ وَاْلمُسْلِمِيْنَ وَاْلمُسْلِمَاتِ اَلاَحْيآءُ مِنْهُمْ وَاْلاَمْوَاتِ إِنَّكَ سَمِيْعٌ قَرِيْبٌ مُجِيْبٌ الدَّعَوَاتْ. اللهُمَّ ادْفَعْ عَنَّا اْلبَلاَءَ وَاْلوَبَاءَ وَالزَّلاَزِلَ وَاْلمِحَنَ وَسُوْءَ اْلفِتْنَةِ مَا ظَهَرَ مِنْهَا وَمَا بَطَنَ عَنْ بَلَدِنَا اِنْدُونِيْسِيَّا خآصَّةً وَسَائِرِ اْلبُلْدَانِ اْلمُسْلِمِيْنَ عآمَّةً يَا رَبَّ اْلعَالَمِيْنَ. رَبَّنَا ظَلَمْنَا اَنْفُسَنَا وَاِنْ لَمْ تَغْفِرْ لَنَا وَتَرْحَمْنَا لَنَكُوْنَنَّ مِنَ اْلخَاسِرِيْنَ. رَبَّنَا آتِناَ فِى الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِى اْلآخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ.

عِبَادَالله, اِنَّ اللهَ يَأْمُرُ بِاْلعَدْلِ وَاْلاِحْسَانِ وَإِيْتآءِ ذِى اْلقُرْبىَ وَيَنْهَى عَنِ اْلفَحْشآءِ وَاْلمُنْكَرِ وَاْلبَغْي يَعِظُكُمْ لَعَلَّكُمْ تَذَكَّرُوْنَ. وَاذْكُرُوااللهَ اْلعَظِيْمَ يَذْكُرْكُمْ وَاشْكُرُوْهُ عَلىَ نِعَمِهِ يَزِدْكُمْ وَلَذِكْرُ اللهِ اَكْبَر.

Allaahu Besar

Allaahu Besar kabiiraa, wal-hamdu lillaahi katsiiraa wa subhaanallaahi bukrataan wa ashiilaa. Laa ilaaha illallaahu wallaahu besar. Allaahu besar wa lillaahil-hamd.

Alhamdulillaahi amaranaa an-nushliha ma’iisyatanaa linailir-ridla was-sa’aadah, wa naquuma bil-waajibaati fi ‘ibaadatihi wa taqwaahu.

Wa asyhadu an laa ilaaha illallaahu wahdahu laa syariika lahu. Wa asyhadu anna Sayyidanaa Muhammadan ‘abduhuu wa rasuuluhuu. Allaahumma shalli wa sallim wa baarik ‘alaa Sayyidinaa Muhammadin wa ‘alaa aalihi wa ashaabihi wa sallim tasliimaan katsiiraa. Ammaa ba’d

Fayaa ayyuhaan-naas, ittaqullaaha haqqa tuqaatihii walaa tamuutunna illaa wa antum muslimuun.

Allaahumma shalli ‘alaa Sayyidinaa Muhammad wa ‘alaa aali Sayyidinaa Muhammad, wardla ‘annaa ma’aahum birahmatika yaa arhamar-raahimiin.

Allahummaghfir lil-mukminiina wal mukminaati, wal muslimiina wal muslimaati, al-ahyaa’i minhum wal amwaati, innaka samii’un qariibun mujiibud-da’awaat. Allahummadfa’annalbalaa’a wal waabaa’a waz-zalaazila wal-mihana wasuu’al fitnati, maa zhahara minhaa wa maa bathana, ‘an baladinaa Indonesia khaasshatan wa saa’iril-buldaanil muslimiina ‘aammatan, yaa Rabbal ‘aalamiin.

Rabbanaa zhalamnaa anfusanaa wa in lam taghfir lanaa lanakuunanna minal-khaasiriina. Rabbanaa aatinaa fid-dunyaa hasanatan, wa fill aakhirati hasanatan, waqinaa ‘;adzaaban-naar.

‘Ibaadallaah, innallaaha ya’muru bil ‘adIi wal ihsaani, wa iitaa’i dzil-qurbaa wa yanhaa ‘anil-fahsyaa’i wal-munkari wal-baghyi, yai’zhukum la’allakum tadzakkaruun. Wadzkurullaahal ‘adziima yadzkurkum, wasykuruuhu ‘alaa ni’amihi yazidkum, wa ladzikrullaahi besar.

Waktu penerapan sholat Idul Adha dikerjakan saat matahari keluar. Biasanya, bila diikuti sama waktu ialah sekitaran jam 07.00 WIB.

Begitu paparan singkat mengenai waktu sholat Idul Adha yang disarikan datang dari beragam sumber

Daftar Hari Libur Nasional Lengkap Setiap Tahun dan Penjabarannya

Hari libur nasional yang ditandai tanggal merah biasanya diisi dengan berbagai kegiatan yang sukar dilakukan dalam keseharian. Anda bisa memaanfaatkan berbagai macam hari libur di indonesia yang resmi diberikan pemerintah di setiap tahunnya.

Libur yang diberlakukan pemerintah Indonesia melalui SKB Menteri maupun keputusan presiden tentang cuti bersama, bisa terdiri dari banyak faktor penyusun. Pada saat moment pilkada, biasanya diberikan Libur pilkada juga.

Berbagai Hari Raya sebagai Hari Libur Nasional di Indonesia

Diantara berbagai daftar hari libur dan tanggal merah nasional, selalu ada hari raya nasional untuk setiap agama di Indonesia. Sehingga kadang pemerintah melakukan perubahan hari libur dan cuti bersama, sempat terjadi di 2021. Bahkan perlu sampai mengerbitkan SKB cuti bersama (SKB libur nasional).

hari libur
Ilustrasi Tanggal Merah dan Hari Libur Nasional (webandi/Pixabay)

Belum diketahui apakah akan ada perubahan lagi untuk jadwal libur dan cuti bersama tahun depan. Namun kamu sudah bisa melihat jadwal hari libur nasional 2022 di liburnasional.net.

Berbagai Tanggal merah indonesia yang digunakan sebagai hari libur nasional indonesia (libur hari raya nasional) sampai saat ini terdiri dari :

  1. Tahun baru atau tahun baru masehi. Pada malam tahun baru kamu bisa memanfaatkannya sebagai saat liburan. Kalau kamu penasan, kamu bisa cari tahu juga sejarah tahun baru masehi itu di web ini.
  2. Tahun baru imlek. Imlek merupakan salah satu tanggal merah yang dapat kamu temui di kalender nasional. Libur di Hari raya imlek bisa kamu gunakan untuk berkumpul dengan keluarga atau pergi berlibur. Kapan hari raya imlek dirayakan tiap tahunnya? kamu juga bila langsung cek ke sini.
  3. Isra miraj. Hari isra miraj adalah salah satu tanggal merah yang diberikan pemerintah untuk memperingati perayaan yang dilakukan oleh orang islam.
  4. Nyepi. Hari raya nyepi adalah hari suci hindu. Perayaan selalu pada saat tahun baru saka.
  5. Hari jumat agung, yang biasanya dilakukan sebelum hari raya Paskah.
  6. Hari buruh nasional. Walaupun baru beberapa tahun ditetapkan sebagai tanggal merah dalam libur nasional, namun cukup untuk menambah jadwal liburan kamu.
  7. Hari kenaikan isa almasih. Ini adalah hari raya memperingati kematian yesus kristus selama tiga hari dan bangkit kembali. Biasa diiringi dengan ucapan kenaikan isa almasih (yesus kristus) sesama yang merayakan.
  8. Idul fitri. Hari raya ini disertai dengan surat edaran cuti bersama di setiap tahunnya. Setelah melakukan sholat idul fitri, umat muslim saling memberi selamat idul fitri dengan ucapan hari raya idul fitri atau mengirim kartu ucapan idul fitri.

Bagi para karyawan dan PNS juga mendapatkan jatah libur lebaran pns dan karyawan, sesuai peraturan depnaker tentang hari libur nasional.

  1. Waisak. hari raya waisak adalah perayaan umat budha atas terjadinya 3 hal dalam hidup Sidarta Gautama. Dalam merayakannya, umat budha saling memberi ucapan waisak kepada sesama yang merayakan.
  2. Pancasila sakti. Ini adalah hari hari lahir pancasila. Bangsa Indonesia merayakan dengan saling memberi selamat hari lahir pancasila. Hari ini juga diabadikan dengan dibangunnya monumen pancasila sakti.
  3. Idul adha. Hari raya idul adha adalah hari memperingati cerita Nabi Ibrahim dan putranya Ismail. Diawali dengan pelaksanaan sholat idul adha, dilanjutkan dengan pelaksanaan kurban untuk dibagikan ke kaum yang membutuhkan.
  4. Tahun baru hijriah (tahun baru islam) yang jatuh di 1 Muharram adalah tahun baru umat islam mengikuti kalender hijriah. Dalam budaya jawa biasa disebut dengan 1 suro.
  5. Hari kemerdekaan RI. Selalu dirayakan setiap 17 agustus oleh bangsa Indonesia untuk memperingati hari kemerdekaan indonesia setelah dalam 3,5 abad dijajah oleh belanda dan sekutunya.
  6. Maulid nabi muhammad. Setiap tahun tanggal maulid nabi selalu berubah karena mengikuti perhitungan kalender hijriah.
  7. Hari natal. Hari raya natal adalah satu libur hari raya yang ditunggu. Selain berdekatan dengan tahun baru, juga biasanya diberikan cuti bersama. Diiringi dengan berbagai alunan lirik lagu hari natal telah tiba dan saling memberi selamat antar umat kristiani, membuat suasana natal semakin ceria.

Web libur nasional selain memberikan informasi tentang hari libur, juga menyediakan kalender lengkap hari libur.

Tahun Baru Masehi, Sebuah Refleksi Perjalanan Hidup


Pada 2021 akan segera berubah dengan 2022. Lalu beberapa saat yang ditunggu oleh sebagian besar populasi bumi ini adalah pergantian tahun baru masehi. Seluruh dunia akan menempati acara besar tahunan ini, tentu saja sesuai dengan zona waktu yang berlaku di setiap belahan bumi.

Setahun yang lalu, tentu saja setiap individu memiliki cerita dan pengalaman masing-masing. Sebenarnya, jalan satu tahun dapat membawa makna yang berbeda untuk kita masing-masing. Tahun Baru telah mempertimbangkan hidupnya untuk meningkatkan satu tahun lagi. Namun, ada juga yang menganggap alokasi hidupnya untuk berkurang satu tahun. Ya itu hidup. Hidup terus berlanjut dan mengalir, hari terus berubah, bulan tidak berhenti, dan tahun terus meningkat tepat waktu tanpa terlambat dan tidak dapat diulang. Begitulah cara siklus hidup ini berjalan.

Sejarah Tahun Baru Masehi

Kapan tahun baru masehi? Perayaan Tahun Baru awalnya muncul di Timur Tengah, 2000 SM. Warga Mesopotamia merayakan Tahun Baru ketika matahari berada tepat di atas garis khatulistiwa, atau tepat 20 Maret. Hingga saat ini, Iran merayakan tahun baru pada 20, 21, atau 22 Maret, yang bernama Nowruz.Untuk Kalender Kristen, Tahun Baru pertama kali ada pada 1 Januari 45 SM.

Setelah Julius Caesar naek tahta, dia merubah kalender romawi menjadi kalender baru. Dalam merancang kalender baru ini, Julius Caesar dibantu oleh Sosigenes, seorang astronom dari Alexandria, yang menyarankan agar kalender baru dibuat dengan mengikuti Revolusi Surya, seperti halnya orang Mesir. Satu tahun ke dalam kuartal kalender baru dihitung sebagai 365 hari dan Caesar menambahkan 67 hari pada tahun 45 SM hingga 46 SM mulai 1 Januari.

perayaan tahun baru masehi di setiap awal tahun

Makna dan Hikmah Tahun Baru Menurut Islam

Siasatan ini nampaknya menjadi sebahagian daripada banyak orang serta dalam ritual Tahun Baru yang sama dengan sangkakala dan kembang api, termasuk umat Islam. Bagaimanakah Islam sendiri tentang perkara ini?

Sebenarnya islam tidak mengenal tahun baru masehi. Terdapat banyak pendapat yang perbedaan mengenai undang-undang yang meramaikan Tahun Baru Masehi. Ada yang mengharamkan dan yang lain membenarkan mereka untuk melakukannya

Memperingati Tahun Baru Masehi Menurut Pandangan Islam

Tidak ada dalam Al-Qur’an dan contoh Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam tentang perayaan ini, tetapi hanya mendapat isyarat dalam Al-Qur’an dan Hadis.

Ayat Qur’an dan Hadist Larangan Merayakan Tahun Baru

Ayat ini menurut Ibna katsir sebagai keputusan hukum bagi setiap orang yang mengklaim mencintai Allah tetapi tidak mengambil Jalan Muhammad, Rasulullah SAW, sesungguhnya dia adalah pendusta dalam pengakuan cintanya. Seperti yang tersebut dalam hadith Shahih, dari Nabi, dia berkata:

مَنْ عَمِلَ عَمَلاً لَيْسَ عَلَيْهِ أَمْرُنَا فَهُوَ رَدٌّ

“Barangsiapa melakukan suatu amalan yang bukan ajaran kami, maka amalan tersebut tertolak.” (HR. Muslim)

Oleh itu, perayaan tahun baru adalah larangan kerana orang itu mengikuti tabiat nasrani dan menyerupai mereka. Di mana mereka digunakan untuk memperingati Tahun Baru Masehi dan menjadikannya sebagai hari yang utama dari agama mereka, yang disebut tasyabbuh

Dalil tentang mengharamkan tasyabbuh tersebut adalah, firman Allah Subhanahu wa Ta’ala:

وَلَنْ تَرْضَىٰ عَنْكَ الْيَهُودُ وَلَا النَّصَارَىٰ حَتَّىٰ تَتَّبِعَ مِلَّتَهُمْ ۗ قُلْ إِنَّ هُدَى اللَّهِ هُوَ الْهُدَىٰ ۗ وَلَئِنِ اتَّبَعْتَ أَهْوَاءَهُمْ بَعْدَ الَّذِي جَاءَكَ مِنَ الْعِلْمِ ۙ مَا لَكَ مِنَ اللَّهِ مِنْ وَلِيٍّ وَلَا نَصِيرٍ

“Orang-orang Yahudi dan Nasrani tidak akan senang kepada kamu hingga kamu mengikuti agama mereka. Katakanlah: “Sesungguhnya petunjuk Allah itulah petunjuk (yang benar)”. Dan sesungguhnya jika kamu mengikuti kemauan mereka setelah pengetahuan datang kepadamu, maka Allah tidak lagi menjadi pelindung dan penolong bagimu.(QS. Al Baqarah:120).

Hukum Mengucapkan Tahun Baru Masehi Menurut Islam

Apakah mengucapkan Tahun Baru Masehi dibenarkan untuk umat Islam? Apakah mengucapkan tahun baru masehi apakah dibenarkan atau melanggar undang-undang Syariah?

Merujuk ke Komisi Arab Fatwa dari Arab Saudi, Al Lajnah Ad Daimah lil Buhuts Al’Ilmiyyah wal Ifta’ orang islam tidak boleh untuk mengucapkan Selamat Tahun Baru Mashi.

“Ia tidak boleh menyampaikan selamat dalam perayaan, kerana sambutan itu adalah perayaan yang bukan Masyru ‘(tidak disyari’atkan)”.

Fatwa Ulama dan MUI Tentang Perayaan Tahun Baru

Kemudian dalam konsep Islam dan saran para para ulama telah menegaskan undang-undang untuk merayakan adalah haram. Mereka yang mengharamkan Tahun Baru Masehi, telah bersama beberapa hujah. Bahwasanya perayaan Tahun Baru Masehi sebenarnya adalah ritual dari para penyembah agama dari negara-negara di Eropa, baik agama Nasrani atau agama lain. Termasuk ucapan ust rahmat baequn yang cukup mengundang kontroversi.

Pendapat yang melegalkan/memperbolehkan berpendapat bahwa sambutan Malam Tahun Baru tidak selalu berkaitan dengan ritual agama tertentu. Semua menggantung niatnya. Sekiranya ia bertujuan untuk menyembah atau mengikuti orang non-Islam maka undang-undangnya adalah haram. Tetapi ia tidak bertujuan untuk mengikuti ritual non-Islam, maka tidak ada pelarangan.

Berbagai Cara Menyambut Tahun Baru Masehi

Apakah itu adalah rencana atau hanya seorang Latah, pada malam hari orang tampak melonggarkan moralitas dan kesopanan secara bersamaan. Terompet berbarengan dengan tawa (bahkan dengan minuman keras) di setiap tempat

Asap sepeda motor mengebul memenuhi udara. Mobil berparkir ramai sepanjang jalan. Kafe, diskotik dan klub malam sesak padat. Orang-orang ‘tumpah’ di jalan dengan satu tujuan: merayakan tahun baru.

Cara Menyambut Tahun Baru Masehi Menurut Islam

Bagaimana merespons perayaan Tahun Baru bagi Muslim, Buya Yahya memberikan penjelasan.

Seperti yang sedang dilakukan, 2021 akan segera berubah menjadi 2022.

Apa yang terjadi sekarang, foya-foya? hura-hura dan mereka yang merayakan banyak orang di luar Islam karena mereka bangga dengan tahun baru mereka

Imoralitas di dalamnya, jadi apa yang kita berhenti adalah kebiasaan.

Kebiasaan buruk, jadi anak haji dan bocah Buk Haji tidak meniup trompet.

Beberapa mabuk, karena di Indonesia, umat Islam mayoritas, apa yang terjadi jika plaza selesai? Sementara di Gereja dia berdoa dan seterusnya.

Apa yang muslim lakukan pada waktu itu? foya-foya dan setelah itu bisa terjadi baku hantam itu.

Jadi mengikuti hal-hal seperti itu tidak penting.

Cerita Perayaan Hari Natal Merupakan Hari Besar Agama Kristen

Perayaan hari natal dunia – Umat ​​Kristen di seluruh dunia merayakan Natal, yang jatuh setiap tanggal 25 Desember. Hari natal merupakan hari besar agama Kristen yang biasa diisi dengan berbagai pernak-pernik dan simbol. Misalkan seperti Sinterklas, lampu, ornamen dan juga pohon Natal dihias untuk menyambut hari raya umat Kristiani ini.

Kata Natal, yang berarti Misa Kristus atau disingkat ChristMass. Perayaaan hari natal Diartikan sebagai hari untuk merayakan kelahiran Yesus, masih menjadi kontroversi mengenai penetapan tanggal 25 Desember.

Pernyataan bahwa tanggal 25 Desember adalah hari kelahiran Yesus terkait dengan Kalender Filokal atau dikenal dengan Chronograph 354.

perayaan hari natal

Tradisi Hari Natal yang Merupakan Hari Besar Agama Kristen

Penetapan perayaan hari natal tanggal 25 Desember dipengaruhi oleh kekuasaan Kekaisaran Romawi. Setelah Konstantin naik takhta sebagai kaisar, ia masuk Kristen pada abad ke-4 Masehi. C., banyak orang berbondong-bondong menjadi Kristen.

Seabad kemudian, Gereja Kristen Katolik Roma memerintahkan umat Kristen untuk melakukan perayaan hari natal pada tanggal 25 Desember. Banyak orang Kristen yang masih percaya bahwa makna Natal adalah dasar kepercayaan akan kelahiran Yesus sebagai Juru Selamat seluruh umat manusia.

Orang percaya akan kedatangan Yesus, bahwa jiwa selalu ada di hati setiap orang. Dan mengingatkan mereka bahwa mereka harus selalu berbuat baik sebagai cerminan dari kelahiran Yesus Juru Selamat.

Namun, seiring waktu, Stephanie Coontz menyebutkan dalam buku The Way We Never Were bahwa pengaruh konsumsi dan budaya telah mengubah cara banyak orang melihat hari natal.

“Perayaan Hari Natal lebih ini seperti berpesta dan menari,” tulis Coontz (halaman 41).

Sementara itu, Herbert W. Armstrong mengklaim dalam bukunya The Plain Truth About Christmas bahwa tidak ada yang tahu pasti kelahiran Yesus. Natal tidak menjadi hari libur resmi Kristen sampai abad ke-5, yang ditetapkan oleh Gereja Kristen Katolik Roma.

“Perayaan hari natal ini, yang merupakan bagian dari Kekristenan Katolik Roma, berasal dari upacara-upacara tradisional masyarakat pagan,” tulis Armstrong (hlm. 7).

Saat perayaan hari natal, orang Kristen bertukar hadiah dan menghias rumah mereka dengan pohon Natal. Seperti Sinterklas, lampu, dekorasi dan juga pohon natal.

Hari Natal yang Merupakan Hari Besar Agama Kristen

Bagaimana kisah pohon cemara dijadikan sebagai simbol natal?

Pohon cemara telah digunakan untuk merayakan festival musim dingin selama ribuan tahun, jauh sebelum munculnya agama Kristen. Menurut sebuah laporan di situs web Michigan State University.

Orang Eropa menggunakan cabang untuk mendekorasi rumah mereka selama titik balik matahari musim dingin karena mereka mengingatkan pada musim semi.

Bangsa Romawi juga menghiasi rumah mereka dengan pohon cemara pada pergantian tahun. Mereka menafsirkan pohon cemara sebagai tanda kehidupan abadi bersama Tuhan.

Cemara pertama kali digunakan sebagai pohon Natal di Eropa Utara sekitar 1.000 tahun yang lalu. Di Eropa Utara juga, orang menanam pohon kotak di rumah mereka di musim dingin. Orang pertama yang membawa pohon Natal ke rumah Anda kemungkinan adalah pendeta Jerman abad ke-16 Martin Luther.

Bagi umat Kristiani, pohon Natal merupakan simbol harapan yang selalu ditampilkan untuk menyambut kelahiran Yesus. Menurut ABC.net.au, orang Romawi awal menggunakan pohon untuk menghias kuil mereka selama festival Saturnalia, sedangkan orang Mesir kuno menggunakan pohon palem hijau sebagai bagian dari pemujaan mereka kepada dewa Ra.

“Ide membawa pohon cemara ke dalam rumah melambangkan kesuburan dan kehidupan baru di musim dingin yang gelap, yang lebih merupakan topik pagan,” kata Dr. Dominique Wilson dari Universitas Sydney.

“Di sinilah ide tentang holly, ivy, dan mistletoe muncul, karena mereka termasuk tanaman yang mekar di musim dingin, jadi mereka memiliki arti khusus. Maka dimulailah ide dari sana untuk membawa tanaman cemara ke dalam rumah dan akhirnya berkembang menjadi pohon Natal.”

Dari Adat Pagan hingga Kekristenan

Ada berbagai teori dan legenda tentang bagaimana pohon cemara menjadi simbol Kekristenan. Salah satunya dianggap berasal dari biarawan Benediktin Inggris Bonifatius, yang terkenal karena pekerjaan misionarisnya di Jerman pada abad ke-8.

“Cerita umum berlanjut bahwa [Boniface] bertemu dengan orang Jerman setempat yang membuat pengorbanan di depan pohon ek besar yang didedikasikan untuk dewa Thor,” kata Dr. Wilson.

“Boniface mengambil kapaknya dan menebang pohon untuk menghentikan orang-orang kafir yang menyembah berhala-berhala palsu dan orang-orang kafir yang mengira akan disambar petir, tetapi itu tidak terjadi.”Jadi dia mengambil kesempatan pada saat ini untuk mengubahnya.

Sebuah legenda kemudian mengatakan bahwa pohon cemara tumbuh dari pohon ek yang jatuh.

” Itu menjadi simbol bagi Kristus. Bentuk segitiga melambangkan Trinitas dan dari situlah muncul ide bahwa pohon harus menjadi simbol Kristus dan kehidupan baru, ”katanya Dr Wilson

Saat ini ada pohon Natal dari segala bentuk dan ukuran, dari yang tradisional hingga cemara buatan.

Tradisi menghias pohon diadopsi oleh jutaan orang di seluruh dunia yang berbeda agama dan budaya. Meskipun masih menjadi simbol Kekristenan bagi sebagian orang, itu masih merupakan simbol Kekristenan bagi orang lain. Itu hanya bagian dari perayaan Desember.

“Di sini, di Australia, kami telah mengadopsi pohon ek Natal Eropa,” kata Dr. Wilson. “Kami makan ikan, udang, dan sebagainya, tapi saya pikir kami cukup tradisional.”

Fakta bahwa banyak dari kita masih membuat kalkun dan ham dan meletakkan hadiah di bawah pohon jelas merupakan sesuatu yang berhubungan kembali dengan akar Eropa kita. ”ABC.Net.au.












Daftar Hari Libur Nasional dan Cuti Bersama Terbaru 2021

Daftar Hari Libur Nasional terbaru dan Akhir 2021 yang direvisi

Pemerintah secara resmi telah mengubah hari libur nasional atau hari libur indonesia dan juga Cuti Bersama pada tahun 2021 ini. Langkah tersebut adalah upaya yang diambil pemerintah untuk menekan laju pergerakan masyarakat, dalam rangka menekan jumlah kasus Covid-19.

Perubahan hari libur dan cuti bersama 2021 diatur melalui Surat Keputusan Bersama (SKB) Menteri Agama (Menag), Menteri Tenaga Kerja (Menaker) dan Menteri PANRB. Birokrasi (PANRB) No. 712/2021 1/2021, no. 3/2021 tentang Perubahan Kedua Atas Keputusan Bersama Menteri Agama, Menteri Tenaga Kerja, Menteri PANRB No. 642 2020, Edisi 4/2020, Edisi 4/2020 terkait dengan hari libur nasional dan Hari Libur 2021.

hari libur nasional
Libur Nasional dan Cuti Bersama

“Pemerintah telah memutuskan untuk mengubah dua hari libur nasional dan membatalkan satu,” kata Menteri Koordinator Kebudayaan dan Pembangunan Manusia (Menko PMK) Muhadjir Effendy, Jumat (18 Juni). 2021). Registrasi e-mail Memberikan informasi resmi, perubahan hari libur terjadi dalam rangka Tahun Baru Islam 1443 Hijriah dan Maulid Nabi Muhammad SAW.

Sementara itu, penghapusan hari libur kolektif terjadi pada saat libur Natal. Baca juga: Disebut PNS Sederajat, Berapa Gaji PPPK? Perubahan dan pengurangan libur tahun baru Hijriah 1443 yang semula jatuh pada 10 Agustus diubah menjadi 11 Agustus. Selanjutnya, Hari Raya Kelahiran Nabi Muhammad SAW yang jatuh pada 19 Oktober diubah menjadi 20 Oktober. Sedangkan pencabutan hak cuti bersama terjadi pada saat libur Natal 24 Desember 2021.

Daftar Libur Nasional

Dengan adanya perubahan dari pemerintah terkait libur nasional yang otomatis merubah susunan tanggal merah Indonesia. Dan dicabutnya daftar hari libur bersama mempengaruhi libur hari raya nasional. Berikut daftar hari libur secara nasional yang terbaru:

Hari Libur Tahun Baru Masehi

1 Januari: Tahun Baru 2021 Masehi

Tahun baru ialah satu perayaan di mana satu budaya rayakan usainya periode setahun dan mengidentifikasi diawalinya perhitungan tahun seterusnya. Budaya yang memiliki kalender tahunan semua memiliki perayaan tahun baru. Hari tahun baru di Indonesia jatuh di tanggal 1 Januari karena Indonesia adopsi kalender Gregorian, sama dengan sebagian besar beberapa negara di dunia.

Perayaan tahun baru awalannya ada di Timur tengah, 2000 SM. Warga Mesopotamia rayakan penggantian tahun saat matahari pas ada di atas katulistiwa, atau persisnya 20 Maret. Sampai sekarang, Iran masih rayakan tahun baru di tanggal 20, 21, atau 22 Maret, yang disebutkan Nowruz.

Untuk penanggalan Masehi, Tahun Baru pertama kalinya dirayakan di tanggal 1 Januari 45 SM. Sesaat sesudah Julius Caesar dikukuhkan sebagai kaisar Roma, dia memilih untuk menukar penanggalan tradisionil Romawi yang sudah dibuat semenjak era ke-7 SM. Dalam membuat desain kalender baru ini, Julius Caesar ditolong oleh Sosigenes, seorang pakar astronomi dari Iskandariyah, yang merekomendasikan supaya penanggalan baru itu dibikin dengan ikuti revolusi matahari, seperti yang sudah dilakukan beberapa orang Mesir.

Setahun dalam penanggalan baru itu dihitung sekitar 365 seperempat hari dan Caesar menambah 67 hari di tahun 45 SM hingga tahun 46 SM diawali pada 1 Januari. Caesar memerintah supaya tiap 4 tahun, sehari dipertambah ke bulan Februari, yang teoretis dapat menghindar penyelewengan dalam kalender baru ini. Sesaat saat sebelum Caesar terbunuh di tahun 44 SM, ia mengganti nama bulan Quintilis dengan namanya, yakni Julius atau Juli. Selanjutnya, nama bulan Sextilis ditukar bernama alternatif Julius Caesar, Kaisar Augustus, jadi bulan Agustus.

Hari Libur Tahun Baru Imlek

12 Februari: Tahun Baru Imlek 2572 Kongzii

Tahun Baru Imlek sebagai perayaan paling penting orang Tionghoa. Perayaan tahun baru imlek diawali pada hari awal bulan awal (Hanzi: 正月; pinyin: zhēng yuè) di penanggalan Tionghoa dan usai dengan Cap Go Meh di tanggal ke-15 (di saat bulan purnama). Malam tahun baru imlek dikenali sebagai Chúxī 除夕 yang memiliki arti “malam penggantian tahun”.

Kalender suryacandra Tionghoa tentukan tanggal tahun baru Imlek. Kalender itu dipakai di beberapa negara yang sudah mengusung atau sudah dikuasai oleh budaya Han (khususnya di Korea, Jepang, dan Vietnam) dan kemungkinan mempunyai asal yang sama dengan perayaan Tahun Baru di luar Asia Timur (seperti Iran, dan pada jaman jaman dulu, dataran Bulgar).

Dalam kalender Gregorian, tahun baru Imlek jatuh di tanggal yang lain tiap tahunnya, di antara tanggal 21 Januari sampai 20 Februari. Dalam kalender Tionghoa, titik balik mentari musim dingin harus terjadi di bulan 11, yang memiliki arti tahun baru Imlek umumnya jatuh di bulan baru ke-2 sesudah titik balik mentari musim dingin (dan terkadang yang ke-3 bila di tahun itu ada bulan kabisat). Di budaya tradisionil di Tiongkok, lichun ialah waktu solar yang mengidentifikasi diawalinya musim semi, yang terjadi sekitaran 4 Februari.

11 Maret: Isra Miraj Nabi Muhammad SAW

14 Maret: Hari Raya Nyepi Tahun Baru Saka 1943

2 April: Wafat Isa Al Masih 1 Mei: Hari Buruh Internasional

13 Mei Kenaikan Isa Al Masih 13-14 Mei: Hari Raya Idul Fitri 1442 Hijriah

26 Mei: Hari Raya Waisak 2565

1 Juni: Hari Lahir Pancasila

20 Juli: Hari Raya Idul Adha 1442 Hijriah

11 Agustus: Tahun Baru Islam 1443 Hijriah

17 Agustus: Hari Kemerdekaan Republik Indonesia

20 Oktober: Maulid Nabi Muhammad SAW

25 Desember: Hari Raya Natal Cuti bersama 12 Mei: Hari Raya Idul Fitri 1442 Hijriah

Hari Kemerdekaan RI : Sejarah, Acara, Upacara

Proklamasi Hari Kemerdekaan RI

Proklamasi Hari Kemerdekaan RI dilaksanakan pada hari Jumat, 17 Agustus 1945, atau pada tanggal 17 Agustus 2605 berdasarkan kalender Jepang. Teks proklamasinya dibacakan oleh Ir. Soekarno dan didampingi oleh Mohammad Hatta di Jalan Pegangsaan Timur No.56, Jakarta. Deklarasi ini menandai dimulainya perlawanan secara diplomatik. Dan juga perlawanan bersenjata dari Revolusi Nasional Indonesia, melawan tentara Belanda dan warga sipil pro-Belanda. Hingga pada akhirnya Belanda secara resmi mengakui kemerdekaan Indonesia pada tahun 1949.

Belanda menyatakan kalau mereka sudah memutuskan untuk menerima tanggal 17 Agustus 1945 sebagai tanggal hari kemerdekaan RI. Namun, pada 14 September 1945, dalam tragedi pembantaian Rawagede, pengadilan Belanda memutuskan bahwa Belanda masih mempunyai tanggung jawab untuk melindungi rakyatnya. Belanda juga mengisyaratkan kalau daerah itu adalah bagian dari Hindia Timur Belanda. Hal ini bertentangan dengan klaim Indonesia pada 17 Agustus 1945 sebagai tanggal kemerdekaannya.

Dalam wawancara tahun 2013, sejarawan Indonesia Sukotjo dalam tuntutannya antara lain meminta pemerintah Belanda untuk secara resmi mengakui tanggal kemerdekaan Indonesia pada tanggal 17 Agustus 1945. Sedangkan PBB sendiri mengakui 27 Desember 1949 sebagai Hari Kemerdekaan Indonesia. Teks Deklarasi Kemerdekaan Indonesia ditandatangani oleh Sukarno (bernama “Soecarno” dalam bahasa Belanda) dan Mohammad Hatta. Yang kemudian diangkat sebagai Presiden dan Wakil Presiden sehari setelah deklarasi dibacakan. Hari Kemerdekaan Indonesia adalah hari libur nasional berdasarkan dekrit yang dikeluarkan pada 18 Juni 1946.

peringatan hari kemerdekaan indonesia setiap tanggal 17 agustus

Acara Peringatan Hari Kemerdekaan RI

Setiap tahun pada tanggal 17 Agustus, masyarakat Indonesia merayakan Proklamasi Hari Kemerdekaan RI dengan kemeriahan besar. Upacara militer diadakan di Istana Merdeka, dan peringatan Proklamasi di Istana Merdeka ini dipimpin oleh Presiden Republik Indonesia sebagai inspektur upacara. Upacara peringatan Proklamasi yang dimulai pukul 10.00 WIB ini biasanya disiarkan langsung oleh semua stasiun televisi nasional Indonesia.

Urutan acara upacara pagi itu antara lain adalah penembakan meriam, pembunyian sirine, pengibaran bendera Sang Saka Merah Putih, dan pembacaan teks proklamasi. Pada sore hari sekitar jam 17:00 WIB, diadakan acara penurunan Bendera Sang Saka Merah Putih kembali. Setiap tanggal 17 Agustus setelah acara upacara pagi selesai, biasanya diadakan berbagai perlombaan seru di masyarakat. Seperti misalnya panjat pinang, makan kerupuk, balap karung dan banyak lagi. Seluruh lapisan masyarakat turun dan ikut berpartisipasi merayakan kemerdekaan Indonesia dengan cara yang unik.

3 Contoh Pidato Singkat Hari Kemerdekaan Indonesia Penuh Inspirasi

Contoh Pidato Singkat Hari Kemerdekaan RI Pertama

Bismillahirrahmaanirrahiim

Assalamualaikum wr, wb.

Para hadirin yang saya hormati,

Tidak terasa bahwa sudah 76 tahun kita merdeka dari penjajahan asing. Tak terasa pula negara kita ini mengalami banyak perkembangan dan liku dalam mempertahankan dan menghayati kemerdekaan ini.

Seharusnya, peringatan Hari Kemerdekaan ini dapat dijadikan momen untuk merenungkan jasa dan perjuangan para pahlawan, sekaligus merenungkan kembali bagaimana kondisi negara ini, apakah merdeka yang dikatakan sudah sepenuhnya dirasakan, atau justru malah terjajah secara tidak langsung?

Sayangnya, momen Hari Kemerdekaan terjadinya hanya dirayakan dengan berbagai lomba dan acara panggung musik, padahal jika dicermati di antaranya tidak berhubungan dengan filosofi perjuangan atau kemerdekaan negara ini.

Mungkin memang sah-sah saja mengadakan lomba atau panggung musik untuk merayakannya. Tetapi, lebih baik lagi jika hal tersebut bisa dijadikan sarana untuk merenungi bagaimana jasa para pahlawan serta kemerdekaan negara yang kita cintai ini.

Maka dari itu, di hari yang berbahagia ini, mari kita kenang kembali jasa para pahlawan yang berhasil menghantarkan kemerdekaan negara ini sehingga kita bisa terbebas dari belenggu penjajahan dan mampu berkumpul di tempat mulia ini. Selain itu, mari kita jadikan momen Hari Kemerdekaan ini sebagai ajang untuk meresolusi atau merencanakan kontribusi kecil apa yang akan kita lakukan agar kemerdekaan kita tetap terjaga, senantiasa agar negara ini damai.

Kita berdoa kepada Tuhan Yang Maha Esa agar kemerdekaan ini dapat dirasakan hingga anak cucu kita kelak nanti. Mungkin hanya itu saja yang bisa disampaikan pada pidato kali ini.

Semoga bermanfaat untuk hadirin sekalian. Mohon dimaafkan jika ada kata-kata yang menyinggung atau salah ucap dalam pidato yang saya utarakan tadi. Kesempurnaan hanyalah milik-Nya, salah serta dosa tak pernah luput dari kita.

Wassalamualaikum wr, wb.

Contoh Pidato Singkat Hari Kemerdekaan RI Kedua

Assalamualaikum wr, wb.

Kepada Bapak kepala sekolah yang terhormat

Kepada Ibu/Bapak Guru yang saya hormati

Serta rekan-rekan sekalian yang saya cintai

Puji syukur marilah kita panjatkan kehadirat-Nya atas beribu nikmat dan hidayah-Nya lah kita dapat dikumpulkan bersama di ruang ini dalam keadaan sehat. Selawat serta salam semoga akan terus tercurahkan kepada Nabi besar kita Nabi Muhammad SAW.

Sungguh di hari yang sangat bersejarah ini, saya diberi kesempatan agar dapat menyampaikan sepatah dua patah kata dalam rangka memperingati Hari Kemerdekaan RI di sekolah yang kita cintai.

Hadirin yang berbahagia,

Setiap 17 Agustus, negeri kita berpesta untuk memeriahkan hari Kemerdekaan. 17 Agustus merupakan hari di mana seluruh bangsa Indonesia mengenang kembali jasa-jasa para pahlawan yang telah meraih kemerdekaan. Ucapan rasa syukur, bangga serta bahagia atas kedamaian negeri kita, Indonesia. Suara-suara pekikan merdeka bergema di setiap pelosok negeri, mengumandangkan, menyorakan dan meneriakan kemerdekaan dengan tegasnya, Merdeka, Merdeka, Merdeka!

Hadirin yang berbahagia,

Seperti yang kita ketahui, meraih kemerdekaan bukan hal yang mudah. Segalanya memerlukan perjuangan baik  jiwa maupun raga.

Beribu tahun negeri kita telah dijajah, diinjak-injak dan dirampas kemerdekaannya dan kesejahteraannya oleh para penjajah yang kejam. Beribu kali peperangan, beribu nyawa serta beribu liter darah telah terkorbankan atas kebiadaban para penjajah.

Namun, bak ulat yang tak selamanya menjadi ulat, akhirnya para pahlawan berhasil meraih kemerdekaan. Jalan Pegangsaan Timur yang telah menjadi saksi bisu diumumkannya secara tegas proklamasi untuk pertama kalinya. Akhirnya para pejuang dapat mengibarkan sang saka Merah Putih dengan bangga diiringi lagu kebangsaan Indonesia Raya.

Hadirin yang berbahagia,

Setelah mendengar kerja keras serta kegigihan para pahlawan untuk meraih kemerdekaan, sudah semestinya kini sebagai bangsa Indonesia kita dapat menghargai dengan mengisi hari kemerdekaan ini berbagai hal positif atas  semangat dan memiliki rasa nasionalisme yang besar sehingga kita dapat ikut andil dalam memeriahkan kemerdekaan.

Semangat dan rasa nasionalisme yang tinggi dapat kita wujudkan dalam berbagai hal, namun hal yang paling pokok bagi kita sebagai pelajar adalah belajar, belajar, dan belajar agar kita dapat memberi kebanggaan kepada bangsa kita sehingga kita dapat ikut serta mengharumkan nama bangsa Indonesia.

Belajar bukanlah hal yang sulit apalagi jika kita memiliki rasa nasionalisme yang tinggi. Maka dari itu marilah kita menjadi generasi yang berguna bagi nusa dan bangsa.

Hadirin yang berbahagia,

Sekian yang dapat saya sampaikan, semoga apa yang telah saya sampaikan ada manfaatnya bagi kita semua. Kurang lebihnya saya dalam bertutur kata, dengan kerendahan hati, semoga dapat dimaafkan. Terima kasih atas perhatiannya.

Wabillahitaufik walhidayah wassalamualaikum wr, wb

Contoh Pidato Singkat Hari Kemerdekaan RI Ketiga

Assalamualaikum wr, wb.

Hadirin yang saya hormati,

Pertama, marilah kita memanjatkan puji dan syukur kehadirat Allah SWT karena berkat karunia dan limpahan rahmat-Nya kita semua bisa kembali berkumpul memperingati hari kemerdekaan RI yang ke-76.

Hadirin yang saya hormati,

Hari ini, tepat 76 tahun yang lalu, Indonesia menyatakan diri sebagai sebuah negara merdeka. Merdeka dari segala penjajahan fisik dan mental kolonialisme yang telah beratus tahun bangsa ini alami.

Perjuangan meraih kemerdekaan sangat berat dan harus bertaruh jiwa dan raga. Para pahlawan baik yang berjuang secara lokal kedaerahan maupun di era nasional telah rela berkorban nyawa demi tegaknya bumi pertiwi ini.

Mulai senjata sederhana seperti bambu runcing sampai senjata modern, mereka dengan gagah perkasa melawan kejamnya penjajah.

Hadirin yang saya hormati,

Apakah setelah pidato hari kemerdekaan ri 76 tahun lalu, kita sudah sepenuhnya merdeka? Secara fisik memang kita sudah merdeka dan diakui sebagai sebuah negara berdaulat, namun ada hal lain yang wajib kita pahami bahwa penjajahan sekarang ini lebih mengarah kepada mental.

Globalisasi membuat segala hal cepat berubah dan tak disangka hal ini mengancam kedaulatan negara. Kedaulatan negara saat ini terancam bukan dengan perang senjata, namun oleh perang ide, gagasan, dan produk.

Beberapa waktu lalu kita sudah melaksanakan pesta demokrasi pemilu langsung. Namun, pemilu seolah menjadi perang antarkubu pendukung pasangan calon. Berita hoax, hujatan, dan kebencian merajalela di media sosial sehingga merusakan tatanan persatuan dan kesatuan bangsa.

Pertemanan yang tadinya damai, kini menjadi hancur hanya karena berbeda pilihan. Kebencian mendalam seolah menjadi senjata andalan dalam rangka merusak negara ini dari dalam.

Hadirin yang saya hormati,

Dulu Soekarno pernah berpesan “perjuangan kami lebih mudah karena hanya mengusir penjajah namun, perjuangan kamu lebih sulit karena akan melawan bangsa sendiri”. Terbukti hal tersebut benar adanya. Kini, bibit perpecahan terlihat dari berbagai sudut kehidupan terlebih media sosial yang tidak terkendali.

Akan tetapi, kita sebagai sebuah bangsa telah terbukti tidak akan melampaui batas dalam hal perpecahan. Perbedaan tidak akan menghancurkan bangsa ini, justru akan menguatkan.

Kesadaran sejarah yang membuat negara ini tidak akan pernah melampaui batas dan hancur. Semangat jiwa patriot dan akan terus tertanam dalam segenap raga penduduk Indonesia.

Hadirin yang saya hormati,

Mari kita lupakan dan kubur kebencian yang masih tersisa dari diri kita. Saatnya kita kembali merajut asa membangun negeri ini dengan karya-karya terbaik karena dengan karya-karya terbaik, negara ini akan tetap tegak berdiri dan disegani di dunia.

Mari kita jalin kembali tali persaudaraan yang putus karena perbedaan pilihan. Bangsa ini tidak bisa kuat jika tidak ada kesatuan yang kukuh. Di peringatan kemerdekaan ke-76 ini mari kita curahkan hati dan pikiran dengan niat untuk memberikan yang terbaik bagi Indonesia.

Indonesia menanti karya-karya terbaik hasil manusia-manusia terbaik. Demikianlah pidato singkat pada peringatan HUT RI ke-76, semoga NKRI tetap tegak, jaya, maju, dan abadi sampai dunia ini berakhir.

Wassalamualaikum wr, wb.

Kewajiban Mengibarkan Bendera

Sesuai Undang-Undang Republik Indonesia, Bendera Negara, Bahasa, Lambang No. 24 Tahun 2009, dan Pasal 7 ayat  (3) Lagu Kebangsaan menetapkan kewajiban pengibaran bendera merah putih bagi semua warga negara yang berhak: Perumahan, gedung perkantoran, satuan pendidikan, angkutan umum dan pribadi di dalam wilayah Indonesia, dan perwakilan diplomatik Indonesia di luar negeri pada tanggal 17 Agustus. Saat ini, pemerintah menghimbau kepada masyarakat untuk mengibarkan bendera merah putih pada bulan 1 hingga 31 Agustus dalam rangka memperingati Hari Kemerdekaan Indonesia.

Tahun Baru Islam, Sejarah dan Keistimewaanya

Latar Belakang Tahun Baru Islam

Tahun Baru Hijriyah atau Tahun Baru Islam merupakan hari yang penting dan bersejarah bagi umat Islam. Di dalam adat Jawa biasa disebut dengan 1 Suro. Peristiwa bersejarah tersebut terjadi pada 1 Muharram yaitu tahun baru pada penanggalan Hijriyah. Hijrah Nabi Muhammad SAW dari Mekkah ke Madinah diambil sebagai awal perhitungan penanggalan kalender Hijriyah.

Kalender atau penanggalan yang bahasa arabnya adalah tarikh, didasarkan pada sebuah sejarah yang menjadi penentu suatu zaman. Di mana telah terjadi berbagai peristiwa penting yang mempengaruhi kehidupan seseorang dan juga kehidupan masyarakat.

Perayaan tahun baru islam di Indonesia sebagai salah satu hari libur nasional

Di masa lalu, orang-orang Yahudi begitu mencintai Musa sehingga mereka pun memulai penanggalan sejak masa nubuatnya dimulai. Sama seperti orang Kristen yang mengagumi kelahiran Yesus, umat Islam pun sudah sepatutnya memuliakan Nabi Muhammad SAW. Serta memulai sejarah melalui Tarikh-nya sejak hijrahnya Nabi Muhammad, salawat dan salam. Kalender Hijriyah kini digunakan dalam kalender tahun baru islam dan merupakan salah satu dari empat sistem penanggalan yang banyak digunakan di dunia.

Penanggalan Kalender Hijriyah, Penanda Tahun Baru Islam

Hijrah merupakan peristiwa penting dalam ekspansi Islam, karena dengan langkah inilah Nabi Muhammad SAW mampu membentuk komunitas Muslim. Sebelum menggunakan penanggalan Hijriyah, umat Islam mengamati peristiwa penting untuk merayakan momen bersejarah. Contoh Tahun Gajah adalah tahun kelahiran Nabi Muhammad.

Sekitar 3-4 tahun setelah kepemimpinan Khalifah Umar Bin Al-Khattab, Abu Musa Al-Asy’ari meminta Khalifah Umar untuk membantu menyelesaikan masalah kalender tahun baru islam. Setelah berdiskusi, beberapa anggota memberi saran kelahiran Nabi menandai awal kalender Islam. Beberapa dari mereka ada juga yang menyarankan awal kalender Islam ditandai dengan wafatnya Nabi Muhammad SAW. Tetapi kebanyakan dari mereka menyarankan agar waktu hijrahlah yang menandai awal penanggalan kalender Islam.

Ia kemudian meminta persetujuan Khalifah Umar Othman bin Affan dan Ali bin Abi Thalib untuk menggunakan Hijrah sebagai awal penanggalan Islam. Dengan kesepakatan ini, maka tahun 622 M menjadi tahun pertama dalam penanggalan Hijriyah.

Tanggal Tahun Baru Hijriah 1443 sama dengan tanggal tahun baru islam sebelumnya, yaitu dimulai dengan bulan Muharram dan diakhiri dengan Dzulhijjah. Jumlah hari di bulan Dzulhijjah tergantung pada perbedaan siklus gerak bulan tiga puluh tahun, yang berputar mengelilingi Bumi sebagai satelit alami.

Sebanyak 12 bulan dalam sistem penanggalan Islam juga disebutkan dalam Al-Qur’an dalam Taubah ayat 36: “Inna ‘iddatasy-syuhụri ‘indallāhiṡnā ‘asyara syahran fī kitābillāhi yauma khalaqas-samāwāti wal-arḍa min-hā arba’atun ḥurum, żālikad-dīnul-qayyimu fa lā taẓlimụ fīhinna anfusakum wa qātilul-musyrikīna kāffatang kamā yuqātilụnakum kāffah, wa’lamū annallāha ma’al-muttaqīn.”

Artinya: “Sesungguhnya bilangan bulan pada sisi Allah adalah dua belas bulan, dalam ketetapan Allah di waktu Dia menciptakan langit dan bumi, di antaranya empat bulan haram. Itulah (ketetapan) agama yang lurus, maka janganlah kamu menganiaya diri kamu dalam bulan yang empat itu, dan perangilah kaum musyrikin itu semuanya sebagaimana merekapun memerangi kamu semuanya, dan ketahuilah bahwasanya Allah beserta orang-orang yang bertakwa.”

Perlu Diketahui Umat Islam 4 Keagungan Bulan Muharram

  1. Bulan pematangan langkah terbaik

Sebagai bulan pertama dalam penanggalan Qamariyah, bulan Muharram adalah salah satu bulan paling istimewa dalam Islam.

  1. Bulan yang dimuliakan oleh umat Islam

Salah satu hari di bulan Muharram yang sangat diagungkan oleh umat beragama, yaitu hari Asyura. Islam memberikan penghormatan pada hari ini berupa puasa sunnah atas kemenangan yang Allah SWT berikan kepada Nabi Musa as.

  1. Bulan Allah

Bulan Muharram disebut juga syahrullah al Asham, yang artinya bulan sepi Allah yg sepi.

  1. Bulan Suci Sebagian ulama sepakat bahwa bulan Muharram adalah salah satu bulan suci dalam Islam.

Hari Raya Idul Adha, Sejarah dan Perayaannya di Indonesia

Latar Belakang

Hari Raya Idul Adha adalah salah satu hari raya besar dalam agama Islam, yang juga menjadi salah satu libur nasional di Indonesia. Hari ini menandai kenangan pengorbanan, yaitu ketika Ibrahim rela mengorbankan putranya, Ismail sebagai bentuk ketaatannya kepada Allah. Namun, sebelum Ibrahim mengorbankan putranya, Allah mengganti Ismail dengan seekor domba. Untuk merayakan peristiwa penting ini, sapi, kerbau, atau kambing kemudian disembelih sebagai kurban setiap tahunnya.

Hari Raya Idul Adha jatuh pada hari kesepuluh bulan Zellijah atau 70 hari setelah hari raya Idulfitri. Hari ini, bersama dengan hari-hari Tasyrik, merupakan hari di mana umat Islam dilarang berpuasa. Pada hari Idulfitri, umat Islam berkumpul di pagi hari dan melakukan shalat Idulfitri bersama di alun-alun atau di masjid. Usai shalat, hewan kurban kemudian disembelih. Sepertiga daging hewan tersebut dibagikan untuk keluarga yang mempersembahkan hewan kurban, dan sisanya disumbangkan atau dibagikan kepada orang lain. Idul adha juga umum dikenal sebagai Hari Raya Kurban atau Lebaran Haji.

Sejarah Idul Adha

Salah satu cobaan besar dalam hidup Ibrahim adalah ketika Ia menerima perintah Allah untuk mengorbankan putra kesayangannya. Saat itu Ibrahim menerima pesan ini melalui mimpi yang berulang-ulang. Ibrahim tahu bahwa ini adalah perintah dari Allah dan memberitahu anaknya seperti tertulis dalam Al Qur’an.

Perayaan hari raya idul adha sebagai salah satu hari libur nasional

Ketika anaknya sudah mencapai cukup umur, Ibrahim pun berkata: Wahai anakku! Sebenarnya, saya bermimpi bahwa saya mengorbankan kamu. Jadi pikirkanlah bagaimana menurutmu! Dia berkata: Wahai ayahku! Lakukan apa yang (Allah) perintahkan kepadamu, insya Allah kamu akan mendapati aku termasuk orang yang sabar.

Selama masa persiapannya, setan mencobai Ibrahim dan keluarganya dengan mencoba menghalangi mereka untuk menjalankan perintah Allah. Kemudian Ibrahim mengusir setan itu dengan melemparkan kerikil ke arahnya. Untuk memperingati penolakan mereka terhadap setan ini, maka dilakukanlah lemparan jumrah selama ibadah haji.

Saat melakukan penyembelihan, pisau Ibrahim tidak bisa melukai Ismail. Kemudian Allah mengganti Ismail dengan seekor hewan sembelihan. “Ketika mereka berdua sudah berserah diri, Ia (Ibrahim) menempatkan putranya di pelipisnya (untuk melaksanakan perintah Tuhan). Kemudian Allah memanggilnya: Wahai Ibrahim! Aku yakin dengan mimpi itu.” Sesungguhnya demikianlah Allah memberi balasan kepada orang-orang yang berbuat baik. Sebenarnya, ini adalah ujian yang nyata. Allah menebus anak itu dengan seekor sembelihan yang besar.

Penetapan Hari Raya Idul Adha

Hari Raya Idula adha diadakan saat lebaran haji berlangsung. Basis haji adalah Wukuf di Arafah, sedangkan hari Wukuf dikenal sebagai Hari Arafah, dan dimulai pada hari kesembilan Dzul-Hijjah sampai fajar kesepuluh Dzul-Hijjah.

Dalam dalil hadits yang disampaikan oleh Husain bin al-Harits al-Jadali, Amir Makkah menyampaikan khotbah dan kemudian berkata:

“Rasulullah Dia memerintahkan kami untuk melakukan haji berdasarkan Hisab dan Rukyat (Hilal Zulhijah). Jika kami tidak dapat melihatnya, maka ada dua saksi yang adil (yang melihatnya), maka kami harus melakukan Manasik berdasarkan kesaksian mereka.”

HR Abu Dawud, Al-Bayhaqi, putra Al-Darooqthani. Al-Darqutni berkomentar: “Hadits ini adalah rangkaian penyebaran yang berkelanjutan dan otentik.”

Hadits ini menjelaskan seputar urutan dalam hari raya idul adha, pertama, pelaksanaan haji harus didasarkan pada hasil bulan sabit 1 Zulhijah sehingga waktu Wukuf dan Iduladha-nya dapat ditentukan. Kedua: Pesan Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam kepada Yang Mulia Amir Makkah dalam kapasitasnya sebagai penguasa wilayah, tempat diadakannya haji untuk melakukan Rukyat. Jika ini tidak berhasil, maka Rukyat orang lain, mengumumkan kesaksiannya kepada Amir Makkah.

Selain Hari Raya Kurban, Hari Raya Idul Adha juga disebut sebagai Lebaran Haji. Karena sejak 9 Dzulhijah, umat Islam yang menunaikan ibadah Haji sedang melaksanakan ritual haji yang paling utama yaitu wukuf di Padang Arafah.

Wukuf adalah ritual haji yang mengajarkan umat Islam untuk meninggalkan aktivitasnya sejenak agar dapat merenungkan diri, seperti yang dilakukan Nabi Ibrahim setelah menerima perintah dari Allah SWT untuk mengorbankan anaknya, Nabi Ismail.

Bagi umat Islam yang tidak melaksanakan ibadah haji, disunnahkan untuk melakukan ibadah puasa Arafah pada tanggal yang sama, yaitu 9 Dzulhijah.