Idul fitri

Penetapan Idul fitri

Idul fitri atau Lebaran di Indonesia adalah hari raya Islam yang jatuh pada 1 Syawal dalam penanggalan Hijriah. Karena 1 Syawal ditentukan berdasarkan siklus lunar/bulan. Idul fitri atau Hari Raya Puasa jatuh pada tanggal yang berbeda setiap tahun jika dilihat dari kalender Masehi. Cara penetapan 1 Syawal pun berbeda-beda sehingga mungkin ada sejumlah umat Islam yang merayakannya pada tanggal yang berbeda di kalender Masehi.

Tradisi pada Idul fitri

Pada 1 Syawal, akhir bulan puasa Ramadhan, dan perayaan Hari Raya Idul Fitri, di pagi hari biasanya dilakukan Shalat Id. Shalat Idul fitri yang dilaksanakan di lapangan terbuka atau di jalan-jalan (terutama di kota-kota besar) adalah sebuah sunnah. Sebelum melaksanakan shalat Idul Fitri, imam akan menganjurkan umat untuk membayar zakat fitrah karena jika shalat Idulfitri berakhir, maka hukumnya adalah membayar sedekah biasa. Pada malam sebelum dan sesudah Idulfitri, umat Islam diwajibkan untuk membaca Takbir.

Image for google search of "idul fitri or hari raya lebaran" as "libur nasional" from liburnasional.net
Hari Raya Idul Fitri atau biasa disebut Lebaran di Indonesia

Di Indonesia, kata-kata Minal ‘Aidin wal-Faizin yang kerap diucapkan sebenarnya sudah menjadi tradisi masyarakat Asia Tenggara. Menurut sebagian besar ulama, istilah tersebut tidak didasarkan pada sabda Nabi Muhammad SAW. Istilah itu awalnya berasal dari seorang penyair zaman Andalusia, yang bernama Syafi’i al-Din al-Hawli. Ketika ia membacakan sebuah puisi yang konteksnya menceritakan ketidaksenangan wanita di pesta itu.

Adapun pidato yang disampaikannya adalah Taqabbalallahu minna wa minkum (“Semoga Allah menerima amal perbuatan kami dan juga kalian dan semacam”).

Idul fitri di berbagai daerah

Umat ​​Islam di Indonesia menjadikan Hari Raya IdulFitri sebagai hari libur nasional, dan momen untuk mempersatukan keluarga. Terutama keluarga yang harus berpisah karena suatu hal, seperti pekerjaan atau pernikahan. Dua minggu menjelang Hari Raya Idul Fitri umat Islam di Indonesia biasanya mulai sibuk memikirkan perayaan hari raya yang dinanti ini. Selalu menjadi pilihan antara mudik pulang kampung berkumpul bersama keluarga atau tidak. Umumnya, tanggal Idulfitri ditetapkan oleh pemerintah.

Namun kadangkala, sejumlah ormas Islam menyatakannya tanggal yang berbeda dengan yang pemerintah tetapkan. Idulfitri di Indonesia disebut Lebaran, karena kebanyakan orang mudik (pulang) untuk merayakannya bersama keluarga. Selama lebaran, berbagai hidangan pun disajikan. Hidangan paling terkenal dalam perayaan Idulfitri di Indonesia adalah ketupat sayur, kue lapis, dan juga lapis legit.

Selama lebaran, masyarakat biasanya mengunjungi rumah tetangga atau kerabat untuk bersilahturahmi, yang dikenal juga dengan istilah halal bihalal, untuk saling bermaaf-maafan.

Di Negara Malaysia, Singapura dan Brunei Darussalam, Idulfitri dikenal juga sebagai Hari Raya Puasa, Hari Raya Eid al-Fitri atau Hari Raya Fitrah. Seperti di Indonesia, pada malam sebelum Idul Fitri, takbir selalu dinyanyikan di mesjid atau mushola, mengungkapkan kemenangan dan kebesaran Allah, keilahian umat Islam.

Banyak bank, kantor pemerintahan, dan perusahaan swasta tutup selama perayaan Idul Fitri hingga akhir pekan lebaran. Orang-orang biasanya mengucapkan “Selamat Hari Raya” atau “Selamat Idulfitri” dan “mohon maaf lahir dan batin” sebagai permintaan maaf satu sama lain. Bila di Indonesia ada tradisi pulang kampung alias mudik, tradisi pulang kampung juga dilakukan di Malaysia. Selain itu di Indonesia juga ada suatu tradisi unik di mana orang tua memberikan uang kepada anak-anak yang dikenal dengan istilah duit raya.