Jumat Agung

Latar Belakang Jumat Agung

Jumat Agung adalah hari libur nasional yang diperingati sebagai hari penyaliban Yesus bagi umat Nasrani. Peringatan penyaliban Yesus Kristus di bukit Golgota. Dalam kalender Masehi, perayaannya selalu dirayakan setiap hari Jumat sebelum Minggu Paskah.

Jumat Agung juga merupakan salah satu hari dari perayaan Tritunggal Mahakudus. Hari Tritunggal Mahakudus/ Tri Hari Suci adalah rangkaian Paskah terakhir yang mencakup Kamis Putih, Jumat Agung, dan Misa Kebangkitan Yesus, yang sering dikenal sebagai Sabtu Suci atau Malam Paskah. Tiga hari ini adalah hari-hari penting dalam perayaan  Paskah. Tri Hari Suci merupakan hari perayaan bagi umat Kristiani, khususnya Katolik, dalam rangka memperingati wafat dan kebangkitan Yesus. Berikut adalah penjelasan singkat mengenai hari Kamis Putih, Jumat Agung, Sabtu Suci, dan Paskah.

Tri Hari Suci merupakan hari perayaan bagi umat Kristiani, khususnya Katolik, dalam rangka memperingati wafat dan kebangkitan Yesus. Berikut adalah penjelasan singkat mengenai hari Kamis Putih, Jumat Agung, Sabtu Suci, dan Paskah.

Tri Hari Suci

Kamis Putih adalah hari Kamis sebelum Paskah, di Pekan Suci ini umat Kristiani memiliki tradisi memperingati perjamuan rerakhir yang dipimpin oleh Yesus. Hari ini adalah salah satu hari terpenting dalam kalender Gereja Katolik. Dalam misa malam Kamis Putih, imam akan membasuh kaki umat untuk mengenang Yesus yang membasuh kaki murid-muridnya pada saat perjamuan terakhir sebelum Ia ditangkap dan disalibkan. Ritual perjamuan terakhir Yesus ini juga selalu dikenang dan dilakukan pada setiap Misa mingguan atau kebaktian dan disebut sebagai perayaan Ekaristi atau Perjamuan Kudus.

Image for google search of "jumat agung" as "libur nasional" from liburnasional.net
Jumat Agung

Jumat Agung adalah peringatan kematian Yesus Kristus di kayu salib. Setelah mengalami berbagai siksaan dan penderitaan, akhirnya Yesus wafat di Bukit Golgota. Kematian-Nya diyakini oleh orang Kristen sebagai bentuk penebusan dosa umat manusia.

Jumat Agung mengajarkan kepada semua orang Kristen bahwa Tuhan memberikan pengampunan kepada umat manusia melalui Yesus putra-Nya. Dengan penyaliban Yesus Kristus ini, Allah menunjukkan kasih-Nya kepada semua orang. Bahkan, ketika Yesus masih hidup, Ia menunjukkan betapa pentingnya kasih bagi kehidupan. Ia selalu membantu dan mencintai orang-orang di sekitarnya. Bahkan ketika Ia menderita, Yesus meminta Allah Bapa untuk mengampuni yang mereka yang bersalah. Diceritakan dalam Alkitab, setelah Yesus meninggal dan dikuburkan, pada hari ketiga Ia bangkit dari kematian.

Sabtu Suci (juga disebut Sabtu Paskah, Sabtu Hening atau Sabtu Kesepian) adalah hari setelah Jumat Agung dan sebelum Minggu Paskah. Hari tersebut adalah hari terakhir dari Pekan Suci yang dirayakan oleh umat Kristiani dalam rangka persiapan perayaan Paskah. Sabtu Suci memperingati peristiwa ketika tubuh Yesus Kristus dibaringkan di kuburan batu setelah disalibkan pada hari Jumat.

Paskah

Minggu Paskah adalah perayaan terpenting tahun liturgi gereja Kristen. Orang Kristen sampai hari ini percaya bahwa Yesus disalibkan, meninggal dan dikuburkan, dan pada hari ketiga Ia bangkit dari kematian. Paskah merayakan hari kebangkitan dan merupakan perayaan terpenting karena memperingati peristiwa paling suci dalam kehidupan Yesus, sebagaimana diberitakan dalam keempat Injil Perjanjian Baru. Perayaan ini juga dikenal sebagai Minggu Paskah, Hari Kebangkitan atau Minggu Kebangkitan.